1.012 Pelaku Usaha Perempuan Binaan PNM Baubau Serentak Miliki NIB

76 views
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menyerahkan secara simbolis NIB untuk pelaku usaha perempuan di Kota Baubau. Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – PT Permodalan Nasional Madani (PMN), menggelar kegiatan sosialisasi manfaat miliki Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk pelaku usaha perempuan ultra mikro. Kegiatan yang dipusatkan di Kota Baubau, Jum’at (02/09/2022) diikuti delapan daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang masuk binaan PNM Baubau.

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dalam sambutannya saat membuka kegiatan sosialisasi mengatakan, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Namun, masih sedikit para pelaku UMK yang telah memiliki NIB.

Untuk itu, melalui melalui Dinas Perizinan, proses pembuatan NIB untuk pelaku usaha akan dipermudah. Tidak hanya bagi mereka jadi binaan PNM Baubau, namun kemudahan tersebut berlaku untuk seluruh pelaku usaha.

“Yang pastinya, kami dari Perintah Kota Baubau akan berupaya dan membantu. Melalui kesempatan ini juga, sebagai pimpinan daerah, menyampaikan apresiasi kepada PNM dan semua pihak yang telah berkontribusi mendorong tumbuhnya kegiatan usaha di Kota Baubau, khusunya terhadap pelaku usaha perempuan,” ucap Monianse.

Foto bersama pelaku usaha perempuan di Kota Baubau bersama Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse usai menerima NIB. Doc. suryametro.id

Sementara itu, Pemimpin cabang PNM Baubau, Muhammad Akbar Rifani mengungkapkan, selain kemudahan mendapatkan NIB, pelaku usaha juga akan diberikan pendampingan dan bantuan modal usaha.

Akbar merincikan, secara keseluruhan ada 1.012 pelaku usaha perempuan mikro binaan PNM Mekkar Baubau tersebar di delapan daerah yaitu Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Wakatobi, Muna dan Muna Barat. Khusus Kota Baubau, penerimaan NIB sebanyak 325 pelaku usaha.

“Kita berharap, setelah mendapatkan NIB para pelaku usaha itu bisa naik kelas khususnya untuk nilai pendapatan. Dengan begitu, usaha akan lebih meningkat serta pertubumbuhan ekonomi akan sembakin membaik,” ucap Akbar.

Selain membuka secara resmi kegiatan sosialisasi manfaat miliki NIB, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse juga berkesempatan menyerahkan NIB secara simbolis untuk perwakilan pelaku usaha perempuan ultra mikro Kota Baubau. (Adm)