2800 Vaksin Covid-19 Tiba di Konsel

76
Kepala Dinkes Konsel dr. Maharayu saat menerima vaksin sinovac dari Dinkes Provinsi. (Dok. for suryametro.id)

ANDOOLO, suryametro.id – Sedikitnya 2800 vaksin covid-19 dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah tibah di gedung Farmasi Dinas Kesahatan (Dinkes) Konawe Selatan (Konsel), dengan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian, Rabu (27/1/2021).

Kepala Dinkes Konsel, dr Maharayu, vaksin yang di terima hari ini totalnya 70 box. Dalam satu box berisi 40 vaksin, sehingga total yang didapatkan Kabupaten Konsel sebanyak 2.800 vaksin.

“Vaksin tahap pertama ini, akan memprioritaskan tenaga kesehatan (Nakes) yang jumlahnya sebanyak 1300 orang,” jelasnya

Lanjutnya, untuk pendistribusian ke Puskesmas di Konsel, akan dilaksanakan besok, Kamis (28/1/2021). Dimana, pengambilan masing-masing Puskesmas akan dikawal pihak Kepolisian dalam hal ini Polsek masing-masing Kecamatan. Hal tersebut, sesuai prosedur yang ada, wajib ada pengawalan.

“Pengawalan ketat ini, untuk menghindari adanya sabotase dan lainnya. Disisi lain, obat ini sangat terbatas, oleh sebab itu tahap pertama ini, diprioritaskan untuk Nakes dulu,” tuturnya.

Kemudian, semua Nakes di Konsel tidak seluruhnya di vaksinasi, karena adanya keterbatas umur. Untuk Nakes berusia 18-59 tahun akan di vaksinisasi, sedangkan Nakes yang berusia 60 tahun tidak akan divaksin, sama halnya dengan yang memilki riwayat penyakit jantung dan hepertensi.

Dengan adanya hal tersebut, pihaknya berharap, semua Nakes khususnya Konsel yang akan di vaksin tidak menolak, sebab ink merupakan program nasional sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mematuhi dan mendukung program pemerintah.

“Kita harus yakin, tidak mungkin pemerintah berniat mencelakakan masyarakatnya, jangan terpengaruh dengan hoaks yang beredar diluar sana. Untuk vaksinasinya kita rencanakan pada tanggal 1 Februari, namun kita tunggu dulu arahan Bupati Konsel,” imbuhnya.

Reporter: Udin
Editor: La Ode Muh. Abiddin