3.240 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Baubau, 1.600 untuk Nakes

60
3.240 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Baubau, 1.600 untuk Nakes. Foto: Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Sebanyak 3.240 vial vaksin Covi-19 tiba di Kota Baubau Rabu malam, 27 Januari 2021 sekitar pukul 08.00 Wita. Vaksin tersebut, tiba di Kota Baubau dengan pengawalan ketat tim gabungan dari BPBD, SatpolPP, tim gugus tugas, TNI dan Polri.

Ditemui di ruang kerjanya Kamis, 28 Januari 2021, humas gugus tugas Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kota Baubau, La Ode Kasim mengatakan, untuk tahap awal vaksinasi, difokuskan untuk 1.600 tenaga kesehatan (Nakes) yang tersebar di Puskesmas dan Rumah Sakit. Proses pendistribusiannya kata Kasim, masih menunggu arahan dari pemerintah Kota Baubau, namun dijadwalkan proses penyaluran vaksin ke setiap puskesmas dan rumah sakit, diperkirakan Februari mendatang.

“Intinya satu hari sebelum vaksinasi, baru kita distribusikan. Sasarannya itu 1.600 nakes. Untuk sisa vaksin yang belum digunakan, kita akan simpan dulu ditempat yang aman sembari menunggu perintah selanjutnya untuk vaksinasi tahap dua. Berdasarkan informasi, untuk tahap kedua nanti sejumlah pegawai yang kerjanya bersentuhan langsung dengan masyarakat yang kita prioritaskan,” terang La Ode Kasim.

Lebih lanjut diungkapkannya, ada beberapa kriteria sesorang tidak bisa di vaksin. Pertama mereka yang memiliki penyakit bawaan seperti hipertensi dan jantung serta lanjut usia yang rentang akan penyakit.

“Yang pasti, sebelum di vaksin, kita akan periksa dulu kesehatannya. Kalau kondisi tubuhnya baik, baru kita vaksin kalaupun tidak, itu kita tidak anjurkan. Kemudian, nanti kita juga siapkan petugas yang siaga memeriksa kondisi mereka yang sudah di vaksin. Kita berharap, semoga proses vaksinasinya berjalan dengan aman dan lancar,” kata Kasim menutup.

Penulis: Adhil