30 Pengangguran di Baubau Dipekerjakan Disnaker, Diberi Upah Bulanan Rp1 Juta

55
30 Pengangguran di Baubau Dipekerjakan Disnaker, Diberi Upah Rp1 Juta Perbulan. Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Pemerintah Kota Baubau, melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) merekrut 30 orang warga Baubau untuk dipekerjakan dengan sistem magang. 30 orang yang direkrut tersebut, telah mengikuti serangkaian tahap seleksi sesuai kriteria yang dibutuhkan.

Pelaksana tugas Kepala Disnaker Kota Baubau, Ali Arham mengungkapkan jika seluruh tenaga magang tersebut merupakan warga Kota Baubau baik berpendidikan sarjana hingga lulusan SMA sederajat. Dari 30 orang itu, akan terbagi dan dimagangkan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

“Kita sudah pilah, ada yang dibidang kesehatan 10 orang, dibidang perhotelan 10 orang dan bidang pramuniaga juga sebanyak 10 orang. Itu nanti kita sebar ditempat-tempat yang membutuhkan tambahan personil. Rencananya nanti mereka akan kita magangkan selama tiga bulan. Kalaupun pemilik tempat dimana mereka magang puas dengan kinerja mereka, tidak menutup kemungkinan dari status magang akan dijadikan karyawan tetap mereka,” kata Ali Arham kepada suryametro.id, Minggu (08/08/2021).

Untuk mendukung program tersebut, ke 30 orang tenaga magang itu masing-masing akan diberi uang bulanan Rp1 juta oleh Disnaker sebagai upah atau biaya transportasi selama mengikuti proses magang.

Program ini juga kata Ali, merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Baubau untuk menekan angka pengangguran di Kota Baubau. Untuk itu, Disnaker Baubau akan mengupayakan program ini terus berjalan secara berkesinambungan.

“Intinya, program pemagangan ini adalah cara kami membekali warga Kota Baubau untuk lebih terampil dalam dunia kerja. Dan nantinya, setelah berada didunia kerja sesungguhnya, mereka akan jadi pekerja-pekerja yang handal dibidang mereka masing-masing,” kata Ali Arham mengakhiri.

Penulis: Adhil