37 Cakades di Wakatobi Deklarasikan Pilkades Damai

78
Calon Kepala Desa Usai Mengadakan Deklarasi Damai, Foto: Samidin/suryametro.id

WANGI-WANGI, suryametro.id – Sebanyak 37 orang calon kepala desa di Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, yang akan menggelar pesta demokrasi Juni mendatang, menggelar deklarasi damai Pilkades Serentak di aula kantor camat Wangi-Wangi, Sabtu (29/5/2021).

Di hadapan Kepolisian, TNI, Camat serta panitia Pilkades, Calon Kepala desa melantunkan 11 (sebelas) poin untuk menciptakan pemilihan kepala desa yang aman dan damai. Salah satu point’ diantaranya yaitu bagi calon kepala desa yang terpilih tidak akan membuat acara pesta yang berlebihan yang dapat memancing atau memicu situasi yang kurang kondusif.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Wakatobi, Suharman Sanusi melalui Kapolsek Wangi-wangi, Idris Unga mengatakan. Walaupun teriakan para pendukung hanya berupa Yel-yel tidak diperbolehkan karena nantinya bisa memicu terjadinya ketersinggungan antara pendukung.

“Karena kita yang kendalikan sendiri yaitu suasan di desa kita sendiri, jangan sampai kita sendiri yang menjadi pemicu konflik di desa kita. Perlu kita ketahui bahwa yang calon ini bukan orang lain, tetapi orang sekampung kita juga. Untuk itu, kepala desa harus menjaga pendukung agar tidak terjadi gesekan antara masyarakat,”ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, camat Wangi-Wangi juga memberikan pesan bahwa pemilihan kepala desa adalah perwujudan komitemen bersama agar pemilihan kepala desa yang akan digelar 1 Juni nanti dapat berjalan damai sesuai dengan yang diharapkan.

“Siapapun harus siap kalah siap menang, sehingga siapapun yang terpilih itu adalah yang terbaik. Tolong kalau sudah ada penetapan jangan saling menyakiti karena sesungguhnya yang paling penting menjadi kepala desa adalah bagaimana menjalankan amanah,”ucapnya,”harapnya.

Reporter: Samidin