450 PPS se Kabupaten Muna Resmi Dilantik

95 views
KPUD Muna resmi melantik 450 PPS yang akan bertugas pada Pemilu 2024 mendatang. Foto: Iman/suryametro.id

RAHA, suryametro.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna melantik 450 Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas pada pemilihan umum serantak tahun 2024 mendatang.

Ketua KPUD Muna, Kubais didampingi anggota komisioner KPUD muna, Bawaslu, Bupati dan Ketua DPRD Muna, turut hadir dalam roses pelantikan di gedung sarana olahraga (SOR), La Ode Pandu, Selasa (24/012023).

Dalam sambutannya, Kubais menekankan seluruh anggota PPS bekerja secara profesional, mandiri dan jujur sesuai yang diikrarkan dalam sumpah pelantikan.

Tugas pertama anggota PPS kata Kubais, dimulai dengan pengusulan petugas pemuktahiran data pemilih (Patarlin) melalui panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk diteruskan ke KPUD Muna terhitung sejak 26 hingga 31 Januari mendatang.

“Patarlin yang diusulkan ini bertugas melakukan pemutahian data pemilih, baik pemilih yang meninggal, yang pindah dan tidak masuk dalam DPT,” ucap Kubais.

“Sebagai penyelenggara, PPS jangan ada yang pangkal atau duduk di poskonya caleg maupun calon presiden. Mulai sekarang hati-hati walaupun hanya singga dan berjabat tangan karena nanti foto lalu di posting di media sosial,” imbaunya.

Ia berpesan agar menjaga kehormatan sebagai penyelenggara pemilu.

Selain itu, Mantan Aktivis UHO ini menambahkan, PPS akan menyusun sekretariat PPS, sebanyak tiga orang dan empat orang calon sekretariat melalui PPK.

“Koordinasi dengan Kades dalam perekrutan sekretariat PPS untuk diusulkan di KPU, Jangan ribut dalam pengusulan sekretariat ini karena ada PAW,” katanya menutup.

Dikesempatan yang sama, Bupati Muna, Ir LM Rusman Emba memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada seluruh PPS yang dilantik.

“Sebagai penyelenggara pemilu, harus menjalan tugas semua tahapan secara transparansi dan jangan egois karena hal ini akan menimbulkan kekacauan ditahapan pemilu,” pesan Rusman Emba.

“Sebagai penyelenggara harus independen, karena diberikan amanah untuk menjaga demokrasi, dan terpenting jaga kondusifitas wilayah sehingga dalam penyelenggara pemilu berjalan dengan aman dan lancar,” tambahnya memberi pesan.

 

Penulis: Iman