506 Guru di Buteng akan Terima Tunjangan Sertifikasi

116
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng, Abdullah. (Foto: Dok. suryametro.id)

LABUNGKARI, suryametro.id – Kabar gembira bagi sejumlah tenaga guru bersertifikasi di Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Terdapat 506 guru akan menerima tunjangan sertifikasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng, Abdullah saat dikonfirmasi media ini Senin (8/3/2021) mengatakan, tunjangan sertifikasi guru untuk triwulan I tahun 2021 akan cair pada bulan april mendatang.

“Kesiapanya sudah selesai, sisa menunggu Surat Keputusan (SK) dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud untuk dapat dicairkan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Abdullah Hamrin mengatakan, pencairan dana sertifikasi dilakukan per triwulan untuk satu tahun. Kemudian, dana sertifikasi untuk guru dan pengawas di Buteng bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dengan total anggarab kurang lebih Rp 25 miliar.

“Anggarannya sudah ada, totalnya Rp 25 miliar, jadi tinggal kita tunggu SK terbit baru kita cairkan,” ungkapnya.

Selain itu, akibat dari belum terbitnya SK Dirtjen Kemendikbud itu juga, ada sekitar 458 orang terdiri dari guru dan pengawas, yang sampai saat ini juga belum menerima dana sertifikasi pada triwulan terakhir tahun 2020 lalu dengan total anggaran Rp 1,7 miliar. Oleh sebab itu, pencairan dana sertifikasi tahun ini, akan dilakukan secara bersamaan.

“Masi ada satu bulan, pada triwulan terakhir tahun 2020 yang belum dicairkan. Kemungkinan bisa bersamaan, minimal tidak semoga yang duluan keluar itu untuk yang Desember tahun lalu,” tutupnya.

Reporter : Ahmad Subarjo
Editor: Herman Erlangga