640 Dokter Meninggal Akibat Terpapar Covid-19 Selama Pandemi

33
640 Dokter Meninggal Akibat Terpapar Covid-19 Selama Pandemi. Ist

JAKARTA, suryametro.id – Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) hingga Rabu (4/8/2021) mencatat, ada 640 orang dokter yang gugur setelah terpapar Covid-19 selama pandemi terjadi di Indonesia.

“Sebelumnya kami sempat umumkan di angka 598 dokter, pada Agustus kami update dengan angka yang masih cukup tinggi 640 dokter yang telah gugur,” kata Ketua Pelaksana Harian Tim Mitigasi PB IDI Mahesa Paranadipa dalam diskusi secara virtual, Rabu.

Mahesa mengatakan, berdasarkan jenis kelamin tercatat 84 persen dokter laki-laki meninggal selama pandemi dan 16 persen dokter perempuan.

Namun, ia mengatakan, angka kematian dokter pada Agustus menurun jika dibandingkan dua belum sebelumnya.

“Sebelumnya di mana pada bulan Juli mencapai rekor tertinggi jumlah kematian dokter diangka 199 dokter yang gugur, di bulan Juni ada 52 dokter,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mahesa mengatakan, jumlah dokter yang wafat setelah terinfeksi Covid-19 paling banyak terjadi di pulau Jawa.

“Tertinggi jumlah kematian dokter ada di Jawa Timur 140 orang, di Jawa Tengah 96 orang, DKI Jakarta 94 orang, Jawa Barat 94 orang,” ucap Mahesa.

 

Sumber: Kompas.com