7 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

76 views
Berikut jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dan bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan. (iStockphoto)

JAKARTA, suryametro.id – Sudah menentukan jurusan kuliah? Kadang pilihan jurusan kuliah jatuh pada jurusan-jurusan yang mengarah pada bidang pekerjaan yang disukai. Berikut jurusan kuliah yang dibutuhkan di dunia kerja.

Namun tak jarang, pilihan jurusan kuliah diambil berdasar kebutuhan dunia masa kini. Kenapa?

Jurusan-jurusan kuliah ini dianggap banyak dibutuhkan. Artinya, kesempatan kerja banyak dan kepastian mendapat pekerjaan tidak perlu dipertanyakan lagi.

Berikut jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dan bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan.

1. Data science
Jurusan satu ini mungkin tidak terlalu familiar di telinga. Padahal, jurusan ini sangat dibutuhkan di masa depan. Data science merupakan bidang interdisipliner yang menggunakan metode, proses, algoritma dan sistem ilmiah untuk mengekstrak data.

Dengan kata lain, ilmu ini seperti sebuah konsep yang menyatukan statistik, analisis data, informatika dan metode untuk memahami dan menganalisis data.

Sebagaimana dilansir dari India Today, hampir tiap industri menggunakan data science untuk menganalisis data besar, meningkatkan bisnis, dan melayani pelanggan lebih baik.

Seorang yang mengambil jurusan Data Science tidak hanya ‘mentok’ hanya jadi data scientist, tetapi ia juga bisa menjadi machine learning engineer, machine learning scientist, arsitek aplikasi dan arsitek perusahaan.

2. Farmakologi
Bidang kesehatan bisa dibilang bidang yang tak akan ada habisnya atau selalu dibutuhkan termasuk profesi apoteker. Untuk jadi apoteker, calon mahasiswa perlu mengambil kuliah jurusan Farmakologi.

Apoteker tak hanya diperlukan di apotek tetapi juga di organisasi penelitian, universitas, rumah sakit, industri farmasi, biotek dan lembaga pemerintah.

Bahkan bukan tidak mungkin di masa mendatang, apoteker akan diperlukan di perawatan rawat jalan, administrasi, asuransi dan farmasi khusus.

Selain apoteker, menurut Crimson Education, lulusan Farmakologi juga bisa berkarier menjadi farmakolog, pharmaceutical sales representative atau marketing manager dan penulis bidang kesehatan.

3. Keperawatan
Ada dokter, apoteker kemudian yang tidak bisa Anda lewatkan adalah profesi perawat. Jurusan Keperawatan layak dilirik melihat kini orang mulai meningkat kesadarannya soal kesehatan.

Bidang keperawatan tidak terbatas melayani di klinik atau rumah sakit tetapi ke depan akan semakin banyak perawat diperlukan untuk perawatan pencegahan penyakit kronis misal, diabetes dan obesitas.

4. Pemasaran digital
Di era digital, pekerjaan di bidang-bidang yang bersentuhan dengan dunia digital jelas diperlukan. Jualan kini tidak cukup sebatas punya toko permanen dan memasang spanduk iklan di perempatan jalan.
Pemasaran perlu dilakukan via platform digital termasuk media sosial. Tidak heran, kini banyak perusahaan gencar promosi via platform digital.

“Ilmu ini semakin penting ke depannya, seiring dengan meledaknya dunia digital. Butuh orang yang bisa memasarkan melalui Instagram, TikTok, YouTube, tentunya melalui konten yang bagus,” kata konsultan manajemen dan SDM, Yodhia Antariksa kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

5. Teknik
Bisa dibilang ini bidang yang paling serbaguna dan punya peluang karier luas. Dari satu jurusan ini kemudian mengerucut pada bidang-bidang spesifik seperti kelistrikan, komputer, biomedika, kimia, sipil, industri, atau mekanik.

Meski luas dan terkesan banyak, tak perlu khawatir sebab di masa mendatang, para lulusan Teknik selalu mendapat tempat. Profesinya tergantung dari jurusan spesifik atau program studi seperti Teknik Sipil, Teknik Informatika, Teknik Biologi, Teknik Mekatronika.

6. Bisnis
Ekonomi, bisnis dan keuangan jelas tak bisa lepas dari kehidupan. Begitu pula jika membaca kebutuhan profesi di masa mendatang, ‘jebolan’ jurusan bidang bisnis dan keuangan bisa dipastikan akan terus dibutuhkan.

Lulusan bisnis atau ekonomi bisa menapaki karier sebagai akuntan, konsultan manajemen, analis keuangan, maupun pengacara untuk perusahaan (jika ditambah studi bidang hukum).

7. Ilmu Komunikasi
Siapa bilang lulusan Ilmu Komunikasi hanya berakhir jadi jurnalis atau humas (public relation)? Jurusan satu ini menyediakan peluang karier luas termasuk pekerjaan bidang periklanan (copywriting), analis media, bahkan content creator yang biasa berseliweran di media sosial.

Demikian tujuh jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan yang bisa jadi referensi untuk menentukan kuliah serta karier di masa depan.

Sumber: CNNIndonesia.com