873 Petani di Buteng Dapat Bantuan dari Kemenpan

176
Kadis pertanian Razuddin (Foto: Ahmad Subarjo/ suryametro.id)

LABUNGKARI, suryametro.id – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pertanian telah mendapatkan program Kartu Tani dari Kementerian Pertanian (Kementan), yang akan diperuntukan kepada 873 petani yang ada di Buteng.

Kartu Tani tersebut, diberikan kepada petani yang telah terdaftar sebagai kelompok tani di desa dari tujuh kecamatan dan masuk di sistem informasi dan penyuluhan pertanian pusat. Pengunaan Kartu Tani ini nantinya untuk membeli pupuk bersubsidi.

Kepala Dinas Pertanian Buteng, Razuddin saat ditemui diruangannya beberapa waktu lalu mengatakan, Kartu tani itu sudah disalurkan akhir Desember 2020 lalu dan sudah bisa dipergunakan. Kartu tani itu memiliki saldo rekening, namun tidak dapat diambil secara tunai.

“Untuk membeli pupuk bersubsidi, tinggal membawa kartunya di distributor dan agen disetiap masing-masing kecamatan yang ditunjuk pemerintah, dengan begitu dapat mempermudah masyarakat ketika membeli.” jelasnya.

Lanjutnya, dengan hadirnya kartu tani tersebut, salah satu bentuk perhatian pemerintah pusat melalui Kementan, untuk mensejahterakan masyarakat petani.

“Moga dengan adanya kartu tani bisa mengembangkan hasil pertanian bagi petani serta meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Buteng.” tutupnya.

Peliput: Ahmad Subarjo
Editir: Herman Erlangga