Tugas Pertama Sebagai Pj Bupati Konsel, Andi Tendri Buka STQH Tingkat Kabupaten

173 views
Pj Bupati Konsel Andi Tenri Rawe, saat membuka STQH tingkat Kabupaten Konsel. (Dok. for suryametro.id)

ANDOOLO, suryametro.id – Pj Bupati Konawe Selatan (Konsel) Dra Hj Andi Tendri Rawe Silondae MM langsung melaksanakan tugas pertamanya, membuka penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Tingkat Kabupaten Konsel Tahun 2021, usai dilantik Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ali Mazi SH, tadi pagi Selasa (8/3/2021)

Pembukaan STQH bertempat di Auditorium Kantor Bupati Konsel, yang di hadiri Sekretaris Daerah (Sekda) H Sjarif Sajang, Kepala Kejari Konsel Dr Apriliana Purba, Kepala Kemenag H Joko dan unsur Forkopimda serta sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel.

Sesuai jadwal, pelaksanaan kegiata tersebut akan berlangsung selama tiga hari, yang dimulai tanggal 8 – 11 Maret 2021, dengan empat lokasi kegiatan yakni di Masjid Raya Andoolo, Aula Dinas PTSP, Aula Kantor Kemenag Konsel dan Aula Auditorium Kantor Bupati.

STQH tingkat Kabupaten Konsel itu, akan memperebutkan empat cabang lomba, yakni cabang Tilawah, Hifdzil Qur’an 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 dan 30 juz. Serta Tafsir Qur’an dan Musabaqah Hadits Nabi.

Dalam sambutannya, Andi Tenri menyampaikan, kegiatan dilaksanakan untuk menjaring Qari dan Qariah terbaik, persiapan menghadapi STQH tingkat Provinsi, sekaligus berharap dengan momentum pelaksanaan kegiatan dapat mempererat ukhuwah islamiah dan meningkatkan syiar Islam di Konsel.

“Selain itu untuk membina qari dan qariah kita untuk lebih mandiri, STQH juga sebagai sarana evaluasi kemajuan masyarakat dalam menghayati, mengamalkan nilai nilai keagamaan melalui baca tulis Qur’an sekaligus petunjuk yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga untuk dapat mendorong seluruh masyarakat secara swadaya, dengan melakukan berbagai kegiatan nyata dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an di Konsel.

Ditempat yang sama, Kepala Bagian Kesra Setda Konsel, Hamlin S Ode Maka selaku Ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan merupakan agenda rutin Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

“Untuk Dewan Hakim berasal dari Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, unsur MUI, Imam Masjid Al- Alam dan Mantan Qari – Qariah terbaik. Kegiatan ini digelar dalam rangka persiapan menghadapi TQH tingkat Provinsi Sultra pada awal April mendatang,” tukasnya.

Reporter: Udin
Editor: Herman Erlangga