AKBP Rio Tangkari, Pemimpin Humanis, Bersahaja dan Tegas

368
AKBP Rio Tangkari, Pemimpin Humanis Bersahaja dan Tegas - Doc: Suryametro.id

“Kerap Memberi Bantuan Ditengah Malam Gulita”

Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Zainal Rio Candra Tangkari nama lengkap Kapolres Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Ia mulai menjabat sebagai Kapolres Baubau sejak 2019 silam. Tak hanya tegas sebagai pimpinan, tapi juga humanis dan bersahaja di mata masyarakat.

Penulis : Muh. Ilor Syamsuddin

AKBP Rio Tangkari begitu dia sering disapa. Selama menjabat sebagai Kapolres Baubau, banyak yang sudah diperbuat. Tanpa banyak berteori, tapi langsung bertindak. Terlebih lagi menyangkut hal-hal kemanusiaan.

“Apa yang Anda lakukan memiliki dampak yang jauh lebih besar daripada apa yang Anda katakan” kutipan kalimat dari penulis terkenal asal Amerika Serikat, Stephen Covey mungkin pantas ditautkan kepada Rio Tangkari, yang lebih memilih untuk cepat bertindak daripada harus duduk menunggu laporan dari balik meja.

Seperti yang dilakukan baru-baru ini menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah. Ia sadar, dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, tentu banyak masyarakat yang terkena dampaknya. Memang tidak semua warga terdampak ia bantu, tapi setidaknya apa yang dilakukan bisa menjadi contoh bagi pemimpin lainnya.

“Masing-masing kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban tentang orang yang dipimpinnya”. Kutipan Hadist inilah yang pertama kali dikatakan oleh AKBP Rio Tangkari saat dihubungi Suryametro.id Senin (20 Juli 2021).

Dalam beberapa waktu lalu, pria dengan dua melati di pundaknya itu, membuat heboh jagat maya. Setelah vidionya menjadi viral di media sosial dengan membagikan bantuan kepada warga tidak mampu yang terdampak pandemi di tengah malam gelap gulita.

Dalam vidio yang tersebar di media sosial, terlihat alumni Akademi Kepolisian tahun 1999 itu, ditengah malam gelap gulita, menenteng karung-karung beras lalu berkeliling membagikannya kerumah-rumah warga.

Pria kelahiran Lampung itu, dengan santun mengetok satu-persatu rumah warga sambil memberi salam. Setelah dipersilakan masuk, ia lalu melihat kondisi warganya saat itu. Apa yang dilakukan seakan memberi pesan bahwa mereka akan baik-baik saja ditengah kondisi apapun itu.

Aksi ala Ali Bin Abu Thalib yang dipertontonkan ayah dua anak ini, menjadi viral apalagi kegiatan yang dilakukannya tengah malam gelap gulita itu di saat menjelang warga akan menjalankan ibadah Idul Adha di pagi harinya.

“Mas.. Ini telah lama kami lakukan, memang setiap sebelum sholat subuh kami menyempatkan waktu untuk berkeliling kerumah-rumah warga untuk memastikan mereka dalam kondisi baik-baik saja, hanya saja malam ini terlihat berbeda karena ini malam menjelang malam Idul Adha,” katanya.

Kapolres Baubau, AKBP berikan paket sembako untuk warga Baubau – Doc: suryametro.id

Lanjutnya, Ia memahami bahwa bahwa pandemi Covid-19 sangat berdampak ke masyarakat. Baik para pekerja tetap, pekerja harian, pedagang dan lainnya pasti merasakan dampaknya. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dimana-mana. Ekonomi ambruk.

“Kami hanya menjalankan amanah yang dititip oleh Allah kepada kami, apalagi ada perintah langsung dari bapak Presiden, dimana TNI-Polri hadir meringankan beban masyarakat,” tambahnya.

Sejak awal dilantik menjadi Kapolres, Rio Tangkari memang unik dan sangat prihatin dengan kondisi-kondisi kemasyarakatan. Tidak jarang, ia terlihat mengambil peran dan ikut terlibat dalam setiap kegiatan kemanusiaan apalagi ditengah masa pandemi Covid-19.

“Siapapun kita, jabatan apapun, kepedulian harus ditanamkan maka ambil peran ,jangan biarkan orang terdekat kita merasa sendirian,” harapnya.

Namun, dibalik sifat humanisnya, Kapolres Baubau ini juga terkenal tegas dan berani serta tidak mau berdamai dengan pelaku kejahatan. Beberapa kali dia terlihat “ngamuk” membubarkan dua kelompok massa yang akan membuat rusuh di Kota Baubau.

Membongkar jaringan narkoba di lembaga pemasyarakatan dan masih banyak lagi kasus kriminalitas menonjol yang dituntaskannya.

“Kita tidak ingin ada tempat bagi pelaku kejahatan di negeri ini, saya perintahkan anggota saya untuk tidak berdamai dengan pelaku kejahatan” tutupnya.