Ali Mazi: Jembatan Buton Muna Panjangnya 1,18 KM Segera Dibangun

74
Ali Mazi: Jembatan Buton Muna Panjangnya 1,18 KM Segera Dibangun. Foto: Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Didampingi sejumlah pejabat utama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Wali Kota Baubau dan sejumlah pihak terkait lainnya, Gubernur Sultra H Ali Mazi meninjau langsung lokasi pembangunan jembatan penghubung antara Pulau Buton dan Pulau Muna, Sabtu (30/01/2021).

Dijadwalkan, pembangunan jembatan yang diberi mana TONA atau singkatan dari Buton-Muna, mulai dibangun tahun ini dengan panjangnya kurang lebih 1,18 kilometer dengan lebar 20 meter.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengungkapkan, jembatan Tona akan dibangun dengan tipe jembatan gantung dengan salah satu bentangan utamanya mencapai 761 meter. Untuk pembangunannya nanti, baik Kota Baubau maupun Kabupaten Buton, dua daerah yang dilalui jembatan itu, diharapkan segera menuntaskan masalah pembebasan lahan.

“Kurang lebih ada 70 hektar lahan yang diperlukan. Jadi baik Kota Baubau maupun Buton Tengah, masing-masing itu 35 hektar lahan yang harus mereka bebaskan. Nanti ada juga beberapa fasilitas umum yang kita bangun disekitar jembatan, seperti rest area, pembangunan lokasi wisata baru dan lain sebagainya. Karena besar harapan kami, dengan hadirnya jembatan Tona ini, bisa mendorong peningkatan ekonomi masyarkaat,” kata Ali Mazi.

“Intinya, kita akan setarakan konsep pembangunan kita baik di daratan maupun kepulauan. Dengan jembatan ini juga, konektivitas antara dua pulau besar ini bisa berjalan dengan baik serta memudahkan sistem transportasi kita. Setelah ini selesai, barulah kita pikirkan dimana lagi yang akan kita bangun jembatan penghubungnya,” tambah Ali Mazi menutup.

Penulis: Adhil