Ali Mazi Luncurkan Motor Listrik Gesits di Sultra

262
Ali Mazi Luncurkan Motor Listrik Gesits di Sultra. (Dok. suryametro.id)

KENDARI, suryametro.id – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ali Mazi meresmikan peluncuran perdana motor listrik Gesits di Pelataran Depan Tugu Eks MTQ Kota Kendari, Sabtu (27/2/2021).

Dalam kegiatan peluncuran perdana motor Gesits di Indonesia Timur itu, juga dihadiri Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA), PT Unifit, PT PLN, serta Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Andi Sumangerukka.

Sepeda motor listrik Gesits, merupakan karya anak bangsa, dengan kerja sama antara Garansindo dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Sepeda motor ini diproduksi di pabrik perakitan yang berada di Cilengsi, Bogor, Jawa Barat.

“Sebagai upaya kita dalam mendukung program pemerintah pusat dan daerah terkait mendukung pelaksanaan peraturan presiden nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan,” ungkap H Ali Mazi, saat membawakan sambutannya.

Lanjutnya, produksi motor listrik berbasis baterai di indonesia memiliki beberapa manfaat, diantaranya untuk meningkatkan ketahanan energi nasional dengan mengurangi ketergantungan BBM, yang akan berdampak positif dalam mengurangi tekanan neraca pembayaran akibat impor BBM.

Sehingga, dengan begitu dapat mewujudkan kualitas energi bersih dan ramah lingkungan serta komitmen indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca.

“Sebagai salah satu strategi dalam percepatan penggunaan motor listrik tersebut, pihak Pemprov akan mewajibkan penggunaan motor listrik bagi instansi pemerintah sebagai kendaraan operasional,” jelasnya.

Orang nomor satu di Sultra itu berharap, dengan berkembangnya kendaraan motor listrik tersebut, pihak terkait perlu memerhatikan sarana penunjangnya yaitu penyediaan infrastruktur pengisian listrik seperti stasiun pengisian kendaraan listrik dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum.

“Kami harap kepada pihak PT PLN mempercepat pembangunan infrastruktur tersebut sebagai perusahaan yang bertugas,” harapnya.

Ditempat yang sama, Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA), Muhammad Samyarto mengatakan bahwa pemilihan Provinsi Sultra dalam launching perdana motor listrik Gesits di Indonesia Timur adalah pilihan yang tepat.

Momentum yang baik memperkenalkan karya inovasi anak bangsa sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat tidak hanya Sulawesi Tenggara khususnya, tetapi juga Indonesia Timur untuk mendorong perubahan mindset dan perilaku berkendara ramah lingkungan.

“Kita ingin pengembangan motor listrik di Sultra lebih maju, apalagi disini kandungan nikel tinggi. dan kita bisa memanfaatkan bahan baku yang ada di Sultra ini untuk memproduksi motor listrik,” ucapnya.

Hingga saat ini, motor Gesits telah diluncurkan di 26 dealer yang tersebar di berbagai daerah di indonesia dan telah terjual lebih dari 2000 unit dengan mayoritas pembeli berada di daerah Jawa dan Bali.

Reporter: Gibran
Editor: Herman Erlangga