Ali Mazi Paparkan Capaian Tiga Tahun Pimpin Sultra

56
Ekspos Tiga Tahun Kepemimpinan AMAN, yang juga dihadiri sejumlah Kepala Daerah se Sultra - IST

KENDARI, suryametro.id – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Wakilnya Lukman Abunawas, pada 5 September 2021 kemarin telah genap tiga tahun memimpin Bumi Anoa. Dalam kurun waktu itu, mereka telah mewujudkan visi pembangunan yang disebut gerakan akselerasi pembangunan wilayah daratan dan lautan.

Dalam tiga tahun kepemimpinannya Ali Mazi-Lukaman Abunawas (AMAN), melakukan evaluasi pencapaian pembangunan dalam Ekspos Tiga Tahun Kepemimpinan AMAN di Gedung Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Senin (6/9/2021) kemarin.

Dalam sambutannya, Ali Mazi memaparkan keberhasilan terkait capaian pembangunan bersama wakilnya Lukman Abunawas selama tiga tahun terakhir, di masa pandemi covid-19. Pada pertumbuhan ekonomian di Sultra sepanjang tahun 2020, mengalami kontraksi sebesar 0,65 persen. Hal tersebut merupakan capaian terendah selama tiga tahun terakhir yang disebabkan oleh pandemi.

“Padahal, dalam lima tahun sebelum pandemi covid-19, pertumbuhan ekonomi di Sultra selalu berada di atas rata-rata nasional, dengan nilai di atas enam persen per tahun,” jelasnya.

Lanjutnya, meski demikian ekonomi Sultra pada triwulan II tahun 2021 dapat tumbuh sebesar 4,21 persen, lebih tinggi dibandingkan capaian triwulan II tahun 2020 yang hanya mencapai 2,29 persen.

“Dari sisi produksi pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha pengadaan listrik dan gas sebesar 16,75 persen, sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen ekspor barang dan jasa yang tumbuh sebesar 132,49 persen,” ungkapnya.

Sementara itu, ia bersama wakilnya berhasil menurunkan angka kemiskinan di Sultra yang mencapai 11,32 persen. Namun, karena akibat pandemi covid-19, angka kemiskinan di tahun 2020 kembali meningkat menjadi 11,69 persen

“Pada bulan Maret 2021 kemarin, angka kemisnkinan di Sultra kembali menurun 11,66 persen atau 318.700 orang,” tuturnya.

Orang nomor satu di Sultra itu juga mengungkapkan, kemajuan pembangunan yang dicapai selama ini, tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Sehingga, penyelenggaraan pemerintahan, kebijakan pembangunan dan pelayanan publik dapat dilaksanakan.

“Dampak covid-19 yang memukul pertumbuhan ekonomi kita. Namun, program dan kegiatan yang kita lakukan, dapat menyentuh langsung kebutuhan masyarakat,” bebernya.

Ditempat yang sama, Wakil Gubernur Lukman Abunawas, juga memberikan sepatah kata tentang capaian yang diraih pemerintahannya bersama Ali Mazi dalam tiga tahun terakhir.

“Kami akan terus bahu-membahu untuk menuntaskan amanah yang diberikan masyarakat Sultra selama lima tahun,” katanya.

Ekpos tiga tahun AMAN juga, menayangkan Film dokumenter yang menampilkan profil Sultra. Semua keberhasilan pembangunan ditayangkan dalam film dokumenter tersebut.(Adm)