Andi Tenri Rawe Ajak Masyarakat Konsel Lestarikan Budaya Lulo

32
Pj Bupati Konsel Andi Tenri Rawe saat memimpin senam pagi di Wiskul. (Foto: Udin)

ANDOOLO, suryametro.id – Pelaksana Jabatan (Pj) Bupati Konawe Selatan (Konsel) Andi Tenri Rawe, mengajak masyarakat setempat, untuk melestarikan budaya tarian adat Lulo. Dengan diiringi lagu daerah khas Tolaki, hal itu disampaikannya usai melaksanakan senam, bersama masyarakat serta OPD Konsel, di taman Wisata Kuliner Andoolo, Sabtu (10/4/2020)

Senam yang dilaksanakan dan dipimpin Pj Bupati Konsel Dra Hj Andi Tenri Rawe Silondae ini, menampilkan model senam tari Lulo kreasi dan diiringi musik alunan lagu daerah lokal, yakni lagu bahasa Tolaki.

Ditemui usai senam Pj Bupati Andi Tenri mengatakan, bahwa senam dengan irama tari Lulo kreasi dan lagu daerah, merupakan bagian pelestarian budaya dan salah satu cara menumbuhkan kecintaan masyarakat, terhadap adat dan seni budaya lokal yang diwariskan para leluhur.

“Sesuai pepatah, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, karena mayoritas suku Tolaki disini, maka sebaiknya diiringi lagu mayoritas suku kita, lain hal didaerah lain tentu ikut adat budaya setempat,” jelasnya.

Tari dan lagu daerah lanjut dia, merupakan kekayaan warisan budaya leluhur, yang wajib kita lestarikan ditengah-tengah masyarakat, seperti melalui senam yang dilaksanakan ini.

“Hal itu juga, selain dengan bergerak mengikuti irama, dapat menjadikan jiwa dan jasmani sehat bugar, juga dapat membentuk semangat rasa nasionalisme yang tinggi,” terangnya.

Ditambahkannya, Pj Bupati mengatakan kegiatan senam, tentunya juga bertujuan dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Selain itu, untuk mengajak masyarakat dan para ASN, agar bersama-sama menumbuhkan kembali geliat usaha kuliner di Konsel, khususnya di Ibukota Kabupaten, demi meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mendukung program pembangunan. Menuju daerah Konsel, yang maju mandiri serta masyarakatnya sehat dan bermartabat,” pungkasnya.

Reporter: Udin