AS Tamrin Resmikan Pencanangan Vaksin Covid-19 di Kota Baubau

38 views
Wali Kota Baubau H AS Tamrin memukul Gong tanda meresmikan Pencanangan Vaksin Covid-19 di Kota Baubau. (Foto: Novi/suryametro.id)

BAUBAU, suryametro.id – Pencanangan Vaksinasi Virus Covid-19 (Sinovac) di Kota Baubau resmi dimulai, Rabu, (3/2/2021) di Aula Kantor Wali Kota Baubau. Program suntik vaksin perdana di Kota Baubau itu, dibuka Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH

Pelaksanaan vaksinasi itu, diawali dengan memberikan vaksin kepada Ketua DPRD Kota Baubau H Zahari SE, Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari, Dandim 1413 Buton Letkol Inf Arif Kurniawan, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Baubau, Ketua Pengadilan Agama Kota Baubau, Sekretaris Daerah Kota Baubau,

Kemudian, Komandan Kompi Senapan A 725 Woroagi Baubau, Kepala BNN Kota Baubau, Kepala Cabang BPJS Kota Baubau, beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Baubau, serta Sekretaris Umum MUI dan Organissasi Profesi Kesehatan yang ada di Kota Baubau.

Terdapat empat tahap yang harus dilalui para relawan penyuntikan vaksin, mulai dari pendaftaran, screening, proses penyuntikan, observasi dan penerimaan kartu vaksin. Screening dilakukan untuk mengetahui apakah relawan aman menerima vaksin dilihat dari riwayat penyakit, barulah dapat diputuskan apakah proses penyuntikan dapat dilanjutkan atau tidak.

Setelah itu, perlu observasi selama 30 menit untuk memastikan para relawan tidak menunjukkan efek samping dari vaksin tersebut. Dari hasil screening, ada beberapa relawan yang harus ditunda vaksinasinya, dikarenakan tekanan darah tinggi, namun hal tersebut tidak mengganggu jalannya acara penyuntikan vaksin perdana.

“Dengan adanya pelaksanaan Kick Off pencanangan vaksinasi covid-19 ini, agar semua pihak yang ada di kota Baubau yang berusia 18 – 59 tahun secara sadar untuk saling menjaga, sehingga tercipta imunitas di masyarakat guna menangkal penyebaran covid-19,” ungakap AS Tamrin, dalam sambutannya.

Lanjutnya, keamanan dan kehalalan vaksin, tidak perlu diragukan lagi, sebab Balai POM telah mengeluarkan izin secara resmi. Sehingga, vaksin sinovac memenuhi syarat keamanan kualitas dan kemanjuran 65,3 persen di atas patokan dasar WHO 50 Persen.

Selain itu, vaksin ini halal sesuai dengan Fatwa MUI Nomor 02 Tahun 2021 tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Science co.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Baubau, untuk tetap tenang jangan mempercayai kabar atau informasi yang tidak jelas sumbernya atau hoaks,” tutupnya.

Reporter : Novi
Editor: Herman Erlangga