Aset Buton Bernilai Milyaran Rupiah Bakal Beralih Hak Jadi Milik Pemda Wakatobi

83
Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Wakatobi, Juhaidin. (Foto : Samidin/Suryametro.id)

WANGI-WANGI, suryametro.id – Aset Buton yang telah dikelola oleh Pemkab Wakatobi dengan nilai milyaran rupiah hingga kini belum bersertifikat. Hal itu diungkapkan kepala dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah kabupaten Wakatobi, Juhaidin di ruang kerjanya, Senin (26/7/2021).

Rencananya sejumlah aset pemerintahan Buton seperti Bangunan Sekolah, Puskesmas, Posyandu, Kantor Desa hingga Lapangan Bola akan diusahakan bersertifikat sebagai hak milik Pemda Wakatobi dalam waktu dekat.

“Wakatobi ini pemekaran dari Kabupaten Buton, pada tahun 2007 aset yang ada di Wakatobi diserahkan dari Pemda Buton ke Wakatobi. Sebenarnya, semua itu terdata di buku aset kita. Tapi dari tertib administrasi itu semua belum didukung dengan sertifikat hak milik Pemda Wakatobi,”ucap Juhaidin.

Kata dia, kendala sementara yang dihadapi dalam hal membuat sertifikat hak milik adalah tidak adanya dokumen awal sebagai bukti untuk diserahkan ke Badan Pertanahan. Untuk itu, langkah yang akan ditempuh yaitu dengan menginventarisir aset Buton yang belum bersertifikat.

“Berikutnya saya akan buatkan tim Persertifikantara dari sejumlah instansi termasuk dengan Pertanahan supaya kita duduk sama-sama,”ungkapnya.

Dalam menginventarisir aset-aset yang dimaksud, Juhaidin berharap keterlibatan semua pihak terkait termasuk pemerintah desa hingga kecamatan.

“Karena aset ini sudah puluhan tahun, dan kemungkinan berkas-berkas terkait bukti kepemilikan sudah tidak ada, kita berharap keterlibatan semua pihak karena kalau hanya satu instansi yang berperan, kita akan kesulitan,”pungkasnya.

Reporter : Samidin