Bahlil: Kementerian Investasi Ada Karena Usul Menteri PUPR

115
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia membeberkan BBKPM naik kelas menjadi Kementerian Investasi karena usulan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia membeberkan BBKPM naik kelas menjadi Kementerian Investasi karena usulan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.(Rusman - Biro Pers).

JAKARTA, suryametro.id – Menteri Investasi Bahlil Lahadalia membeberkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) naik kelas menjadi Kementerian Investasi merupakan usulan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada Presiden Jokowi.

Ia menyebut usulan dibuat karena Basuki ingin investor tidak lagi dipersulit dalam mengurus izin dan insentif usaha.

“Bapak-bapak pejabat PU tahu saja bahwa Kementerian Investasi ini jadi karena usulan Menteri PU (Basuki) agar investor tidak dipersulit untuk membuat izin dan insentifnya,” celetuknya pada Market Sounding Proyek KPBU, Kamis (6/5).

Bahlil mengaku pengalaman mengurus izin usaha dirasakan langsung olehnya. Kala masih menjadi pebisnis muda, ia menyebut membuat izin usaha sulit bukan main. Dia mengibaratkan mengurus izin usaha seperti tawaf (keliling) di kementerian/lembaga.

“Dulu kalau urus izin itu tidak tahu kapan selesai, saya sering berkelakar kalau kita Umrah jelas berapa kali keliling Ka’bah dan berapa menit selesainya. Tapi waktu dulu saya masih jadi pengusaha urus izin, itu hanya Tuhan dan yang membuat izin yang tahu,” jelasnya.

Pada eranya, Bahlil mengklaim kalau urusan izin usaha sudah lebih baik dan dilayani lewat Online Single Submission (OSS). Dia juga menjamin investor tidak perlu pusing mengurus izin usaha, asal ada modal dan teknologi, ia menyebut izin akan ditangani Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dalam kesempatan sama, Basuki menyebut kalau ia percaya pada janji Bahlil mempermudah perizinan karena melihat riwayat hidup Bahlil yang memulai dari bawah. Sebagai informasi, Bahlil sempat menjadi sopir angkot sebelum menjadi pebisnis dan masuk di lingkaran pemerintah.

Dia menilai besar komitmen Bahlil menarik investasi ke Indonesia karena ingin menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat luas. Basuki menyebut kala Bahlil dilantik ia mengirim ucapan selamat yang berbunyi ‘Selamat Bekerja Lebih Keras’ karena memikul tanggung jawab besar mendatangkan investasi sekaligus membuka lapangan pekerjaan.

“Bapak Menteri Investasi yang saya sangat banggakan dan harapkan, waktu beliau dilantik saya kirim bunganya ‘Selamat Bekerja Lebih Keras’,” pungkas dia.

Sumber : cnnindonesia.com