Bangun Komunikasi Antar Lembaga, Wabup Konsel Silahturahmi ke DPRD

58
Wabup Konsel Rasyid saat silaturahmi ke Dewan Konsel. (Foto: Udin)

ANDOOLO, suryametro.id – Jalin silaturahmi dan komunikasi, serta koordinasi antar lembaga. Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel), Rasyid SSos MSi berkunjung ke Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), yang diterima langsung Ketua DPRD Irham Kalenggo diruang kerjanya bersama sejumlah anggota legislatif, Kamis (29/4/2021)

Kunjungan tersebut, disambut baik Ketua bersama jajaran anggota Legislatif lainnya. Irham mengatakan hal itu sangat positif dalam mengawali pelaksanaan tugas selaku pasangan Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, sehingga perlu diapresiasi, karena bukan sekedar kunjungan biasa saja.

“Pertemuan ini juga bisa melahirkan aura positif, terciptanya hubungan harmonis dan sinergitas antar lembaga dengan pimpinan OPD lingkup Pemkab Konsel. Karena merasa lebih dekat dengan pimpinan daerah,” imbuhnya.

Lanjutnya, sejalan dengan tupoksi Wakil Kepala Daerah di bidang pengawasan, yang nantinya dapat mengidentifikasi kebutuhan dan problem setiap instansi, sekaligus mencari solusi jitu penyelesaiannya.

Sementara itu, Wabup Konsel Rasyid menjelaskan, maksud dan tujuannya berkunjung ke DPRD Konsel, yakni dalam rangka silahturahmi membangun komunikasi dan empati antar lembaga selaku mitra pemerintah.

“Gimanapun saya lama berkecimpung di Legislatif, jadi sedikit banyaknya tau cara bangun komunikasi yang baik ke pihak lain, khususnya DPRD,” terangnya.

Banyak hal bisa dibicarakan secara formal, sambung Rasyid, namun dengan silahturahmi dalam suasana santai bisa lebih mencairkan suasana, dan nantinya diskusi formal bisa menggugurkan system sehingga urusan berjalan lancar.

“Artinya banyak hal di Republik ini bisa terselesaikan diawali dengan diskusi informal, untuk itu saya berjanji bakal rutin menjadwalkan pertemuan baik formal maupun nonformal dengan rekan rekan Legislatif,” ungkapnya.

Menurutnya, di DPRD ada peran pengawasan yang sejalan dengan tugasnya selaku Wakil Bupati sesuai amanat undang-undang.

“Dengan sowan ke DPRD, Insya Allah setengah permasalahan pemerintahan dan masyarakat bisa terselesaikan, karena mereka setiap saat akan balik ke daerah pemilihan masing-masing menyerap aspirasi, sekaligus mensosialisasikan dan mengimplementasikan setiap program kerja Pemkab,” timpalnya.

Jadi peran pengawasan ini bisa disinergikan bersama, sehingga roda pemerintahan di Konsel ini bisa semakin baik. Yang nota benenya mereka bagian dari masyarakat, jadi setengah dari keluhan masyarakat bisa kita urai.

“Dengan harapan sinergi dan komunikasi yang terbangun antar DPRD dan OPD daerah kita semakin maju, berintegritas dan bermartabat se-jazirah Sultra,” pungkasnya.

Reporter: Udin