Bantu Perekonomian Rakyat, Pemkot Baubau Terus Mendorong Peningkatan UMKM

11
Sekda Kota Baubau Roni Muhtar, saat mengunjungi salah satu stand dalam pelaksaan Festival UMKM. (Foto: Diskominfo Baubau/Samsudin)
BAUBAU, suryametro.id – Dalam upaya membantu perekonomian rakyat, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau terus mendorong peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) agar lebih menggeliat di Baubau. Hal ini merupakan wujud keseriusan Pemkot dalam mewujudkan Baubau yang Maju, Sejahtera, dan Berbudaya.
Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Roni Muhtar, melalui sambutannya saat mewakili Wali Kota Baubau, dalam menghadiri dan membuka secara resmi Festival UKM tahun 2021 di pelataran Kotamara Baubau, (1/10/2021).
Roni Muhtar menuturkan, untuk mendukung peningkatan UMKM tersebut, Pemkot Baubau di bawah kepemimpinan AS Tamrin, telah mengalokasikan anggaran yang lebih kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dalam 3 Tahun terakhir Pemerintahan Tampil Manis.
“Seperti, Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pariwisata, Dinas Sosial, dan Dinas-dinas lain yang bergerak dalam bidang kemakmuran. Dinas-dinas ini kita porsikan anggaran lebih dari tahun-tahun sebelumnya, dan ini adalah perintah langsung dari bapak Wali Kota kita,” ucapnya, seperti dikutip dari lama FB Pemkot Baubau.
Meski demikian, Sekda Baubau ini menyadari adanya beberapa faktor yang menjadi kendala, di antaranya ialah masalah permodalan. Di mana, para pelaku IMKM lebih cenderung memanfaatkan dana dari Rentenir daripada dana-dana kredit usaha rakyat yang ada di Perbankan Nasional maupun Daerah.
“Menurut laporan terakhir, dana kredit untuk usaha rakyat ini hanya sekitar 30% hingga 40% yang ter manfaatkan, sisanya mengendap. Inilah salah satu masala, karena para pelaku UMKM kita lebih cenderung memanfaatkan dana dari Rentenir dari pada dana kredit usaha rakyat ini,” ujarnya.
Ditambahkan, masalah lain adalah soal pemasaran, terutama dalam situasi pandemi Covid-19. Yang mana, para pelaku UMKM harus memanfaatkan sosial media untuk melakukan pemasaran. Selain itu, kurangnya kemampuan pelaku UMKM dalam menguasai pasar serta tidak tertatanya data kolektif para pelaku UMKM.
“Untuk itulah kita melaksanakan kegiatan Festival UKM ini, dan ini adalah salah satu upaya kita untuk mendorong UMKM ini agar lebih menggeliat di Kota Baubau. Kalau UMKM menggeliat, maka perekonomian rakyat akan meningkat, dengan demikian maka kesejahteraan masyarakat akan terwujud,” imbuhnya.
Dr. Roni Muhtar meyakini, dengan berkembangnya UMKM, Visi Misi Pemerintahan Tampil Manis periode 2018-2023 yaitu untuk menjadikan Baubau sebagai Kota yang Maju, Sejahtera, dan Berbudaya dapat terwujud. Untuk itu, pihaknya terus mendorong agar UMKM terus berkembang di Kota Baubau.
“Untuk menjadikan Kota ini lebih maju adalah aktivitas UMKM harus menggeliat, dan sebagian besar warganya menjadi wirausaha. Untuk itu Dinas Koperasi harus bisa menjadi wadah dan fasilitator dalam upaya mendorong UMKM agar lebih menggeliat lagi. Dinas Perindag juga harus bermanuver dalam membangun strategi, agar masyarakat berminat untuk menjadi wirausahawan,” tutupnya.
Editor : La Ode Muh. Abiddin