Bapas dan Pemkot Baubau Kerjasama, Upayakan Mantan Napi Dapat Pekerjaan

38 views
Bapas dan Pemkot Baubau Kerjasama, Pastikan Mantan Napi Dapat Pekerjaan. Foto: Adhil/suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Baubau bersama Pemerintah Kota Baubau sepakat jalin kerjasama, untuk pastikan mantan narapidana (Napi) bisa mendapatkan lapangan kerja melalui bimbingan kemandirian dan layanan informasi bursa kerja.

Kerjasama yang tertuang dalam nota kesepahaman tersebut, ditandatangi langsung oleh Kepala Bapas Kelas II Baubau Sri Maryani dan Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, Ju’mat (15/07/2022).

Kepala Bapas Kelas II Baubau, Sri Maryani mengatakan, kerjasama ini dilakukan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mantan narapidana untuk mendapatkan pekerjaan, menghapus sitgma buruk yang selama ini melekat pada sosok eks Narapida, sehingga mereka mampu berperan kembali sebagai warga yang bebas dan bertanggungjawab, sesuai tujuan pemasyarakatan yang termuat dalam undang undang nomor 12 Tahun 1995.

Sejauh ini kata Maryani Pembimbingan yang dilaksanakan dilingkup kerjanya terdiri dari dua jenis pertama bimbingan kepribadian berupa konsultasi dan konseling dengan pembimbing kemasyarakatan, penyuluhan hukum dan pembinaan kerohanian. Kedua, bimbingan kemandirian berupa pelatihan kerja bagi klien pemasyarakatan. Kedua jenis bimbingan tersebut, telah berjalan bekerjasama dengan kelompok masyarakat peduli pemasyarakatan (Pokmas Lipas).

Sri Maryani merincikan, ada 11 Pokmas Lipas di kota Baubau yang telah berperan aktif dalam memberikan bimbingan pada klien pemasyarakatan antara lain penyuluhan hukum bekerjasama dengan LBH dan Mediasi Kota Baubau, pembinaan rohani bekerjasama dengan kementerian agama Kota Baubau, pendampingan anak bekerjasama dengan DP3A dan Dinas Sosial Kota Baubau.

Selanjutnya, Pelatihan Hidroponik dan sablon kerjasama dengan Baubau Kreatif, Pelatihan perbengkelan kerjsama dengan Bengkel Kristal motor, pengolahan minyak VCO dan pembuatan susu kedele bagi klien Bapas di Rutan Raha bekerjasama dengan Yayasan Alnadita Fasa dan Pawon Nara, dan yang baru dilaksanakan yakni pengolahan makanan ringan kerjasama pokmas Lipas Aneka jajanan.

Sementara Wali Kota Baubau La Ode Ahman Moniase memastikan akan memberi dukungan penuh kepada Bapas Baubau dalam upayanya meningkatkan bimbingan kemandirian dan layanan informasi bursa Kerja bagi klien pemasyarakatan dalam bentuk pelatihan kemandirian yang tersedia di Disnaker Kota Baubau.

Pemerintah Kota Baubau juga berupaya semaksimal mungkin, untuk berperan menumbuhkan kreativitas, membangun karakter dan meningkatkan keterampilan para Klen Pemasyarakatan sehingga mereka memiliki bekal yang baru di tengah masyarakat, yang kelak akan menjadi wirausaha baru yang penuh semangat dan keyakinan di masyarakat.

Dengan meningkatnya keterampilan dan jiwa wirausaha pada diri Klien Pemasyarakatan, diharapkan mereka mampu memperbaiki diri atas kesalahan dan kekeliruan yang telah diperbuatnya serta tidak mengulanginya lagi.

“Selain itu diharapkan pula dapat turut memberikan efek positif pada lingkungan sekitarnya bahkan berperan aktif dalam membangun perekonomian daerah, bangsa dan negara yang kita cintai ini,” harap Monianse dalam sambutannya.

“Tentunya, melalui kerjasama ini kami berharap dapat memberikan citra positif terhadap pembimbingan Klien Pemasyarakatan di Bapas Baubau, sehingga masyarakat dapat melihat bahwa Pemerintah Kota Baubau dan Bapas Baubau tidak membiarkan mantan narapidana semakin terpuruk dan menghadapi masalahnya sendiri,” tambahnya menutup.

Editor: Adhil