Bawa 181 Penumpang, KM Karya Indah Rute Ternate-Sanana Terbakar Ditengah Laut

45
KM Karya Indah mengalami kebakaran di Perairan Pulau Limafatola, Kecamatan Sanana - Doc: suryametro.id

TERNATE, suryametro.id – Kapal penumpang KM Karya Indah mengalami kebakaran di Perairan Pulau Limafatola, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara pada Sabtu (29/5/2021) pagi tadi, sekitar pukul 07.00 WIT.

Kapal yang berkapasitas 300 orang itu, dari Pelabuhan Ternate menuju Sanana, membawah penumpang sebanyak 181 orang, yang terdiri dari orang dewasa 155 orang, anak-anak 22 orang dan Lanjut usia (Lansia) empat orang, ditambah 14 orang awak kapal termassuk nahkoda.

Berdasarkan hasil yang dihimpun suryametro.id, dalam video yang beredar, tampak seluruh penumpang mengenakan life jacket (baju pelampung). Sementara, kapal tersebut terlihat ditutupi asap hitam tebal.

Pada saat kapal terbakar, para penumpang dan awak kapal langsung meloncat ke laut dengan menggunakan baju pelampung yang sudah disediakan. Dari 181 penumpang dan 14 awak KM Karya Indah, yang mengalami kebakaran di tengah lautan Maluku Utara (Malut) telah dievakuasi dan seluruhnya diyatakan selamat.

Belum diketahui penyebab terbakarnya kapal tersebut. Sebab Tim Basarnas Rescue Unit Siaga SAR Sanana, Polisi Perairan Sanana, hingga KUPP Sanana, belum bisa dimintai keterangan, karena masih terfokus terhadap proses evakuasi para penumpang dan awak kapal.(Adm)