Berhasil Jaga Kamtibmas, Pemkot Baubau Apresiasi Kinerja Polres

27
Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, saat menghadiri acara sukuran hari Bhayangkara Ke-75 di gedung Kemitraan Polres Baubau. (Foto: Razak/Diskominfo Baubau)

BAUBAU, suryametro.id – Dinilai berhasil menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau memberikan apresiasi kepada Kepolisian Resort (Polres) Baubau.

Apresiasi tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, melalui sambutannya saat menghadiri acara sukuran hari Bhayangkara Ke-75 di gedung Kemitraan Polres Baubau, Kamis (1/7/2021).

La Ode Ahmad Monianse mengungkapkan, selain menciptakan keamanan dan ketertiban, Polres Baubau juga telah berperan aktif membantu Pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Peran tersebut antara lain, Polres Baubau telah melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat, serta memberikan bantuan sembako pada masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Mulai dari tahun 2020 ketika pandemi Covid-19 diumumkan sebagai kejadian luar biasa sampai dengan saat ini, Polres Baubau terus memberikan dukungan. Baik dukungan dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, juga melakukan penertiban terhadap masyarakat yang melanggar Prokes tersebut,” ucapnya.

La Ode Ahmad Monianse mengatakan, di masa pandemi Covid-19, Polri benar-benar mendapatkan tantangan yang sangat berat. Pasalnya, selain menjalankan tugas pokok seperti menghadapi terorisme, kerawanan sosial, Narkoba, serta tugas-tugas Kamtibmas lainya, juga harus melakukan upaya-upaya dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang terus mengancam kehidupan seluruh masyarakat.

Iapun mengajak seluruh jajaran Kepolisian di Polres Baubau, untuk menjadikan hari Bhayangkara yang ke-75 sebagai momentum untuk merefleks kembali nilai luhur dari Tri Brata dan Catur Prasetya. Di mana Tri Brata dan Catur Prasetya tersebut merupakan napas dari seluruh Polisi Republik Indonesia.

“Jika nilai-nilai dari Tri Brata dan Catur Prasetya ini bisa diejawantakan dalam tugas keseharian, saya kira tugas-tugas Kepolisian akan tuntas dan menjadi Polisi yang benar-benar dibanggakan oleh Bangsa ini. Sebagai mana pesan bapak Kapolri, agar Polisi selalu hadir dengan humanis tetapi tegas,” katanya.

Ia menilai, pesan Kapolri tersebut telah diejawantahkan, khususnya Polres Baubau dibawah instruksi Kapolres AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari. Mengingat, tidak sedikit tindakan kriminal dan kerawanan sosial yang ditindak dengan tanpa pandang bulu, sehingga rasa aman, nyaman, tentram, dan damai dapat dirasakan di Kota Baubau.

“Untuk itu, kami atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih, atas segalah upaya personil Polres Baubau dalam memberikan rasa aman dan rasa nyaman. Karena Visi Pemerintah Kota Baubau ingin menjadikan Kota ini sebagai Kota yang Maju, Sejahtera, dan Berbudaya tidak akan bisa tercapai bila rasa aman dan nyaman itu tidak terpenuhi,” jelasnya.

“Atas nama Pemerintah Kota Baubau, kami juga mengucapkan selamat hari Bhayangkara yang ke-75 kepada Kepolisian Repoblik Indonesia, yang bertransformasi menuju Polisi yang Presisi. Semoga Polisi Republik Indonesia, khususnya Polres Baubau menjadi suluh penerang dan bintang penjuruh di dalam mengabdikan diri sebagai pengayom, pelindung, dan pelayan dalam memberikan rasa aman, nyaman, dan tenteram di Daerah yang kita cintai ini,” tambahnya.

Acara sukuran hari Bhayangkara Ke-75 tersebut turut dihadiri oleh perwakilan dari Kabupaten Buton Tengah, dan Kabupaten Buton Selatan. Selain itu, turut hadir Ketua DPRD Buton Selatan, Perwakilan dari DPRD Kota Baubau, Perwakilan dari DPRD Buton Tengah, dan unsur Forkopimda.

Editor: La Ode Muh. Abiddin