Berikut Penjelasan Buya Yahya Terkait Hukum Bermain Higgs Domino Saat Berpuasa

143
buya yahya menjelaskan perihal hukum bermain higgs domino di bulan ramadhan-youtube @Al-Bahjah TV-youtube

Suryametro.id Bulan Ramadhan sudah tinggal menunggu hari lagi. Dalam kesempatannya Buya Yahya memberikan kajian tentang hukum bermain higgs domino.

Terutama, hukum ketika bermain permainan populer higgs domino ketika bulan Ramadhan.

Dilansir tim Aksara dari channel YouTube Al- Bahjah TV, Buya Yahya menjawab hukum bermain slot di bulan ramadhan.

Berawal dari seorang jamaah asal Bandung yang bertanya mengenai hal tersebut.

“Kami bermain higgs domino tapi tidak memakai uang, Hanya untuk hiburan saja, apakah permamainan ini akan mengurangi pahala berpuasa ketika dimainkan di siang hari dan di malam hari?”

Dengan lembut dan tegas Buya Yahya menjelaskan jika hukum bermain higgs domino bukan ditentukan berdasarkan siang atau malam kita bermain, Akan tetapi berdasarkan kondisi dan tanggung jawab.

“Disaat kita bermain higgs domino tidak menggunakan uang, maka kita terbebas dari dosa judi” kata buya yahya dalam video.

Namun, menurut Buya Yahya, jika dalam suatu kondisi permainan domino sudah dianggap sebagai permainan judi, maka lebih baik tidak memainkannya.

“akan tetapi, jika di suatu tempat higgs domino menjadi ciri khas judi anda memainkannya, maka anda sama saja menyiarkan judi” Ungkapnya.

Buya Yahya mengatakan bahwa kita boleh mermain higgs domino, jika tanggapan masyarakat sekitar mewajari sebagai hiburan, bukan permainan judi.

“dan jika di suatu tempat permainan higgs domino menjadi hal yang biasa, layaknya bermain layang-layang, maka hukum bermain hukum bermain higgs domino menjadi Mubah (boleh)” tambahnya.

Buya Yahya juga menggaris bawahi, bahwa hukum Mubah bisa menjadi Makhruh dan berubah menjadi Haram.

“Anda diperbolehkan bermain karena hal tersebut menjadi hiburan, jika anda sampai ketagihan dan meninggalkan ibadah sunnah di bulan ramadhan maka hukumnya makhruh, jika sampai membuat kalian lalai beribadah wajib, maka akan menjadi haram hukumnya.

Sumber: aksarakhatulistiwa