Berkunjung ke Wakatobi, Ini Pesan Ustadz Abdul Somad Kepada Masyarakat Buton

944
Ustadz Abdul Somad Saat Berkunjung di Salah Satu Pulau di Wakatobi (Foto : Samidin/Suryametro.id)

WANGI-WANGI, Suryametro.id – Mendapatkan undangan dari salah satu Komunitas yang menyebut dirinya Winulu Wakatobi, Ustadz Prof HAbdul Somad Batubara Lc D E S A PhD, atau yang lebih dikenal dengan Ustadz Abdul Somad  mengunjungi kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) selama dua hari sejak Selasa 1 Juni hingga Rabu 2 Juni 2021 kemarin.

Pasca tour disejumlah titik dan menikmati keindahan bawah laut Wakatobi, Ustad Abdul Somad menghadiri kegiatan tabligh di Dasita resort, Rabu (2/6/2021).

Ustadz asal Sumatera Utara itu berpesan kepada seluruh masyarakat Buton terkhusus masyarakat Wakatobi untuk menjaga persatuan umat sebagaimana kokohnya persatuan umat dimasa kesultanan Buton.

“Ini adalah persaudaraan yang mesti kita jaga karena kalau tidak maka hancurlah kita. Sampai kapanpun negeri ini tidak bisa di tembus dengan penjajah karena persatuannya amat sangat kuat. Dipersatukan dalam bingkai negara republik Indonesia dan dipersatukan lagi dengan kalimat Laa Ilaha Ilallah Muhammadarrasulullah,”katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga berharap agar masyarakat Wakatobi bisa menjaga ukhuwah Islamiyyah dan Ukhuwah Wathaniyah. Sebagaimana, filosofi shalat ketika imam mengatakan rapatkan barisan, luruskan shaf dan tutup celah karena dimana ada celah maka disitulah setan-setan akan mudah masuk.

“Inja akum Fasikun Binal Bain, jika datang orang fasik membawa suatu berita Fatabayanu maka klarifikasilah jangan sampai kita termakan isu, termakan hoax karena ini hanya akan menghancurkan kita, jika kita telah hancur maka akan mudah orang fasik akan mudah masuk,”harapnya.

Tak hanya itu, dalam ceramahnya, Ia berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian alam Wakatobi sehingga nantinya bisa dilihat hingga ke anak cucu.

“Saya merasa selama ini di tanah saya yang paling subur, diatas minyak dibawah minyak, tapi hari ini saya ingin ditunjukkan oleh Allah SWT bahwa bagaimana diatas batu yang keras bisa tumbuh pepohonan yang indah dan dibawah laut tumbuh tumbuh terumbu karang dan ikan-ikan,”ucapnya.

Dalam Ceramah yang dihadiri puluhan masyarakat Wakatobi dengan protokol kesehatan ketat itu dihadiri oleh ketua DPRD Wakatobi, Hamiruddin. Dalam sambutannya, ia mengucapkan terima kasih kepada Ustad Abdul Somad dan seluruh panitia yang telah membawa ustaz kebanggaan umat tersebut ke Wakatobi.

“Semoga dengan hadirnya pak Ustad ke Wakatobi bisa menjadi pemicu semangat kami untuk terus meningkatkan nilai-nilai keislaman kami dan semoga kunjungan ini bisa menjadi tali silaturahmi kami masyarakat Wakatobi dan pak ustad,”ungkapnya.

Reporter: Samidin