BMKG dan Pemkab Konsel Gelar SLI Pertanian Tematik

20
BMKG bersama Pemkab Konsel saat menggelar SLI pertanian tematik - Foto: Udin/suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Meningkatkan pemahaman informasi iklim bagi petani millenial, Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Konawe Selatan (Konsel) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten, melaksanakan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Pertanian Tematik, Minggu (20/6/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Cialam Jaya Kecamatan Konda itu, diikuti 50 orang peserta, terdiri dari 40 Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan 10 Petani. Dengan tema Peningkatan Pemahaman Informasi Iklim Bagi Petani Millenial tersebut, diharapkan dapat menciptakan petani tangguh yang mampu beradaptasi dengan perubahan iklim.

Pada kesempatan itu, dihadiri Staf Ahli Bupati Konsel Ir H Agusalim MSi, Kepala Balai Wilayah IV Makassar Darmawan, Koordinator BMKG Provinsi Sultra Sugeng Widarko, Kepala Stasiun Klimatologi Konsel Aris Yunatas dan kepala Dinas Tanaman Pangan Konsel Hidayatullah.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Surunuddin Dangga, Staf Ahli Agussalim saat membuka kegiatan mengatakan, laju pertumbuhan PDRB Nasional, sektor pertanian mempunyai peranan penting dalam menyelamatkan perekonomian dimasa pandemi covid-19, terbukanya lapangan usaha bagi masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemkab Konsel menempatkan sektor pertanian sebagai sektor prioritas dalam mendorong kesejahteraan melalui, Desa maju Konsel hebat, dengan strategi pendekatan kawasan perdesaan.

“Kita masih menghadapi berbagai masalah dan keterbatasan, antara lain rendahnya tingkat kesuburan lahan, sumber daya air, terbatasnya pengetahuan dan sarana dan prasarana pertanian, serta tata kelola pupuk, juga dampak perubahan iklim yang semakin besar pada kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Lanjutnya, melalui SLI masalah dan keterbatasan tersebut, dapat terpecahkan melalui pendekatan interaktif dan field day, sehingga dapat membantu petani untuk menyesuaikan usaha taninya melalui informasi iklim dan cuaca.

Sementara itu, Kepala Stasiun Klimatologi Konsel Aris Yunatas mengatakan, tujuan dilaksanakan SLI tematik adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani, PPL, POPT dan instansi terkait, dalam memanfaatkan informasi iklim guna mengantisipasi fenomena iklim ekstrim.

“Selain di Konsel, dengan pertemuan tatap muka dan penerapan protokol kesehatan ketat, juga digelar di Kabupaten Kolaka Utara dan Muna,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Balai Wilayah IV Makassar Darmawan menyerahkan bantuan alat penakar hujan OBS, kepada petani yang diterima oleh Staf Ahli Bupati Konsel Agussalim.

Reporter: Udin