BPBD Konsel Petakan Lokasi Rawan Banjir di 25 Kecamatan

18
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabuapten Konsel - Foto: Udin/suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Sepekan diguyur hujan ekstrim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), siapkan sejumlah langkah antisipasi potensi banjir. Salah satunya memetakan lokasi rawan banjir di 25 Kecamatan yang ada di Konsel.

Kepala BPBD Konsel, Nurlita Jaya AS saat dikonfirmasi, Senin (13/9/2021) mengatakan, dari 25 kecamatan di Konsel, pihaknya telah melakukan pemetaan lokasi-lokasi rawan atau langganan banjir.

“Untuk wilayah di Konsel yang menjadi langganan banjir antara lain, Kecamatan Lalembuu, Ranomeeto barat, Angata, Moramo Utara, Kolono dan Kecamatan Sabulakoa,” jelasnya.

Selain pemetaan, mantan Kepala Dinas Kependusukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Konsel itu, telah mempersiapkan jalur evakuasi pengungsi, yang diakibatkan banjir dan menyiapkan tenda, perahu karet, dan buffer stok logistik.

“Pada dasarnya kami di BPBD Konsel, selalu siap, siaga dan berjaga, dengan situasi serta cuaca yang tidak menentu,” tuturnya.

Lanjutnya, pihaknya juga terus memonitor peringatan dini dari BMKG, terkait potensi hujan dan meneruskan secara real time ke aparat wilayah dan masyarakat melalui media sosial.

“Kami di kantor selalu melakukan gelar peralatan perlengkapan, secara internal beserta tim relawan BPBD. Tak hanya itu, kami juga melakukan sosialisasi edukasi di Kecamatan dan Desa, khususnya pada titik rawan bencana banjir. Untuk meningkatkan upaya kewaspadaan terhadap hal-hal yang kemungkinan bisa terjadi,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk melaporkan informasi kejadian banjir, atau bencana lainnya, kepada kelompok siaga bencana yang telah dibentuk dimasing-masing di Kecamatan.

Reporter: Udin