BPJS Kesehatan Baubau Bersama PMI Gelar Aksi Donor Darah

14
BPJS Kesehatan Baubau Bersama PMI Gelar Aksi Donor Darah. Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – BPJS Kesehatan Cabang Baubau, menggerakan seluruh duta BPJS Kesehatan turut serta menyumbangkan darahnya. Hal ini berangkat dari menipisnya ketersediaan stok darah dan banyaknya pasien yang membutuhkan transfusi darah. Kegiatan tersebut digelar di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Kamis (02/09/2021).

“Setetes darah sangat berarti bagi kehidupan manusia dan dapat menyelamatkan orang lain. Kegiatan donor darah ini sebagai bentuk dukungan kemanusiaan kami kepada para pasien yang membutuhkan darah. Tidak hanya karyawan yang kami ajak turut serta, namun keluarga karyawan serta supir, cleaning service dan satpam di lingkungan BPJS Kesehatan Cabang Baubau juga turut berpartisipasi,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Andri Nurcahyanto.

Bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Buton, puluhan kantong darah berhasil dikumpulkan. Darah ini langsung diserahkan kepada UTD PMI untuk segera didistribusikan kepada pasien-pasien yang membutuhkan.

Sebelum mendonorkan darahnya, calon pendonor harus mengikuti serangkaian tes untuk memenuhi kriteria pendonor darah, dimulai dari cek tensi, gula darah, dan sebagainya. Beberapa calon pendonor yang sudah sangat bersemangat mendonorkan darahnya, terpaksa harus menunda karena kondisi yang tidak memenuhi syarat dan alasan medis lainnya.

“Tidak perlu merasa takut atau cemas saat akan mendonor darah. Banyak sekali keuntungan yang diperoleh oleh pendonor, yang jelas jika ia memenuhi kriteria pendonor dan mampu mendonorkan darahnya maka kesimpulannya ia berada dalam kondisi badan yang bugar dan terbebas dari penyakit. Donor darah ini juga membuat badan menjadi lebih segar karena berdonor adalah cara lain untuk mengganti sel-sel darah yang baru,” tambah Andri.

Teknisi Transfusi UTD PMI Buton, La Ode Rusbin Gani menyampaikan kegiatan ini adalah langkah nyata kepedulian dan kemanusiaan. Jika semua instansi melaksanakan kegiatan serupa dengan rutin bisa dibayangkan berapa banyak kantong-kantong darah yang bisa dihimpun dan dimanfaatkan oleh pasien yang membutuhkan.

“Kami terima kasih kepada pihak BPJS Kesehatan Cabang Baubau yang telah menggelar kegiatan seperti ini. Semoga di kesempatan selanjutnya, kegiatan ini bisa terus dilaksanakan dan menjadi contoh bagi yang lain. Apalagi kita ada di masa pandemi, terpenting bermanfaat bagi sesama,” kata Rusbin.

Editor: Adhil