BREAKING NEWS: TNI Tangkap 9 Anggota Kelompok Teroris OPM Papua

284
VIVA Militer: Prajurit TNI Yonif 131/BRS tangkap anggota OPM. (Photo: Yonif 131/BRS)

PAPUA, suryametro.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil meringkus anggota kelompok separatis bersenjata OPM Papua di Kabupante Keerom, Papua.

Berdasarkan informasi yang didapatkan VIVA Militer, Rabu 14 Juli 2021, ada 9 orang anggota OPM yang diringkus prajurit TNI.

Mereka ditangkap prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini, Batalyon Infanteri 131/Braja Sakti, Komando Daerah Militer (Kodam)/I Bukit Barisan.

Sembilan orang itu ditangkap saat Satgas Pamtas RI-PNG, Yonif 131/BRS dari Pos Pitewi melakukan sweeping di Kampung Skrofro, Distrik Arso Timur.

Menurut Komandan Satgas Pamtas RI-PNG, Yonif 131/BRS, Letnan Kolonel Infanteri Muhammad Erfani, 9 orang itu diamankan dari empat kendaraan yang mereka tumpangi. Awalnya ada 12 yang diamankan, tapi 9 orang yang terbukti memiliki kartu tanda pengenal Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

“Kami Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/BRS akan terus berusaha untuk mencegah terjadinya pelanggaran lintas batas negara, keluar masuknya barang-barang ilegal serta mempersempit ruang gerak anggota TPNPB-OPM dengan melaksanakan sweeping rutin di setiap pos-pos yang menjadi perlintasan orang-orang yang tidak bertanggung jawab di wilayah Keerom dan Jayapura,” kata Letkol Inf M Erfani.

Semua anggota OPM Papua itu telah diserahkan TNI ke pihak kepolisian untuk diperiksa lebih lanjut.

(viva.co.id)