Buka Turnamen Perbasi, Wawali Baubau Tekankan Pentingnya Kekompakan dan Sportivitas

20
Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse , saat membawa sambutan pada turnamen Perbasi. (Foto: Diskominfo Baubau)

BAUBAU, suryametro.id – Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau La Ode Ahmad Monianse menekankan pentingnya kekompakan dan sportivitas dalam sebuah turnamen. Pasalnya, tujuan utama sebuah turnamen adalah untuk melahirkan bibit-bibit baru yang memiliki semangat kebersamaan serta menjunjung tinggi sportivitas.

Hal tersebut diungkapkan La Ode Ahmad Monianse melalui sambutannya saat membuka dengan resmi Turnamen Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) Cup Kota Baubau 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di arena Bola Basket Ngalu-ngalu Kotamara, Minggu (13/06/2021).

Menurut La Ode Ahmad Monianse, turnamen merupakan muara dari pembinaan dan pelatihan yang dilakukan oleh para pelatih dari setiap klub. Karena melalui turnamen, program-program latihan yang selama ini dilakukan oleh setiap klub dapat dievaluasi sejauh mana memberikan hasil yang terbaik.

“Kalaupun belum dapat memberikan prestasi yang terbaik, ini juga akan menjadi momentum yang sangat strategis untuk mengevaluasi diri, sisi-sisi mana yang harus kita benahi. Sehingga pada turnamen berikutnya kita bisa belajar dari pengalaman itu untuk bisa meraih prestasi,” ujarnya.

Wakil Wali Kota juga berharap, turnamen tersebut tidak hanya menjadi pertandingan olahraga untuk memperkuat skill atau keterampilan dalam bermain basket. Namun dapat menjadi wahana untuk mengembangkan kemampuan lain seperti kemampuan berkolaborasi, berkomunikasi, dan kritis.

“Dimasa yang akan datang kita butuhkan beberapa hal, di antaranya ialah kemampuan kolaborasi, kemampuan komunikasi, dan kemampujan kritis. Kemampuan-kemampun ini kadang-kadang kita tidak temukan di sekolah, tapi itu didapatkan dari interaksi yang terjadi pada turnamen olahraga seperti ini,” tuturnya.

Ditambahkan, dengan kemampuan-kemampun tersebut, akan lahir bibit-bibit baru dan mampu membangun sebuah tim yang solid. Pasalnya, tim yang solid adalah sebuah tim yang didalamnya terbangun kolaborasi dengan memberikan kesamaan hak dan pandangan terhadap setiap anggotanya.

“Jadi mari kita gunakan kesempatan ini, kolaborasi yang baik itu adalah kolaborasi dari sebuah tim yang memberikan kesamaan hak dan pandangan terhadap orang lain. Karena kemenangan itu, harus dibangun bersaama dan juara sejati adalah orang atau tim yang masi menghargai lawannya,” imbuhnya.

Lebih lanjut La Ode Ahmad Monianse menekankan, agar nilai-nilai yang terkandung dalam PO-5 selalu menjadi control dalam berkompetisi. Hal tersebut merupakan harapan dan tujuan luhur dari Wali Kota Baubau, AS Tamrin. untuk menjadikan nilai-nilai PO-5 sebagai pedoman dalam setiap sendi-sendi kehidupan guna memperbaiki moral generasi muda yang semakin tergerus.

“Wali Kota kita sangat berharap, agar nilai-nilai PO-5 ini dapat diimplementasikan dalam setiap sendi kehidupan, salah satunya dalam turnamen seperti ini. Yaitu Pomaamasiaka, Popiapiara, Poangkaangka taka, Pomaemaeaka, dan Pobinci-binciki kuli,” ungkapnya.

“Dengan menerapkan nilai-nilai luhur PO-5 ini, tetntu kita tidak akan merasa unggul sendiri, namun selalu membangun kolaborasi dengan saling memberikan dukungan kepada sesama tim. Di samping itu, tentu kita juga akan selalu menghargai kemapuan lawan, serta mampu mengendalikan diri dalam menerima setiap keputusan wasit,” lanjutnya.

Menutup sambutannya, La Ode Ahmad Monianse memberikan apresiasi serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pemuda Olahraga Kota Baubau, Koni, Perbasi, dan para sponsor atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Acara pembukaan Turnamen tersebut turut dihadiri oleh sejumlah kepala OPD lingkup Kota Baubau, diantaranya ialah kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau La Ode Darusalam.

Reporter : Novi