Buntut Video Viral, Kadis Pariwisata Buteng Diperiksa Polisi

61 views
Viral Video Joget Tak Patuhi Prokes di Buteng. (Foto: tangkapan layar video)

BAUBAU, suryametro.id – Viralnya sebuah video, yang mempertontonkan sejumlah masyarakat asik berjoget di Pantai Mutiara, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara. Kini pihak kepolisian memanggil Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Buteng dan salah seorang Kepala Bidang (Kabid) unuk diperiksa.

Kasat Reskrim Polres Baubau Iptu Najamuddin, saat ditemui suryametro.id, Rabu (19/5/2021) membernarkan adanya pemeriksaan Kadis Pariwisata dan salah seroang Kabid terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) tersebut.

Ia menjelaskan, peristiwa acara joget di Pantai Mutiara itu diduga terjadi pada, Sabtu (15/5).

“Saat ini kami Satreskrim Polres Baubau, masih melakukan penyelidikan dengan memeriksa beberapa pihak, termasuk Kadis Pariwisata dan Kabid untuk dimintai keterangan,” ungkapnya.

Terkait proses pemeriksaannya, ia mengatakan, masih dalam tahap klarifikasi sambil mengumpulkan bukti, dan setelah itu akan dilakukan gelar untuk memastikan, apakah ada unsur kejahatan atau pelanggaran.

Najamuddin menambahkan, apabila terbukti didapati pelanggaran, maka sanksinya dalam bentuk adminstrasi. Tetapi ketika terbukti ada unsur pidana, maka itu akan menjalani proses hukum.

“Untuk menentukan, apakah itu pelanggaran atau pidana, nanti hasilnya akan kita ketahui setelah gelar,” tutupnya.

Sebelumnya, beredar video viral di media sosial rekreasi di pantai mutiara, Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara, Minggu (16/5/2021).

Dalam Vidio yang berdurasi 18 detik yang diterima suryametro.id, diperlihatkan puluhan bahkan ratusan pengunjung berjoget di iringi musik dangdut layaknya konser dangdutan.

Ironisnya lagi, dalam acara dangdutan tersebut tidak terlihat warga patuh terhadap protokol kesehatan, ditengah pemerintah lagi gencarnya mengantisipasi dan mengkampanyekan penanggulangan covid 19.

Penulis: La Ode Muh. Abiddin