Bupati akan Wujudkan Konsel Digital Dalam Mendukung Konsep Smart City

47
Bupati Konsel saat menerima menerima audiensi Tim Ahli Penyusunan Master Plan Smart City Kementerian Kominfo - Foto: Udin/suryametro,id

ANDOOLO, suryametro.id – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga, menerima audiensi Tim Ahli Penyusunan Master Plan Smart City Kementerian Kominfo, di rumah jabatannya, Selasa (26/10/2021).

Silahturahmi pihak Menkominfo yang dipimpin Ir Windy Gambetta MBA dan Dina serta Asisten Tenaga Ahli Yan Marina bersama tim, dalam rangka melaporkan progres pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang telah berjalan mulai tahap I-III yang saat ini sedang berlangsung.

Turut mendampingi, Kepala Dinas Kominfo Konsel Anas Mas’ud, Sekdis Hj Siti Hafsa dan Kabid TIK Asnur Anwar Hamzah.

Dalam kesemptan itu, Bupati Surunuddin menyampaikan, terimakasih dan apresiasi mendalam atas sinergi dan kolaborasi yang terjalin antar kedua lembaga.

Lanjutnya, skala prioritas dalam membangun Kabupaten Konsel yang dimasukkan, melalui visi misi program kerja Bupati lima tahun kedepan, salah satunya adalah menuju Konsel Digital.

“Sehingga konsep Smart City yang digaungkan Kemenkominfo Pusat, sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Konawe Selatan 2021-2026 dengan target tidak ada satupun Desa blankspot dan seluruh masyarakat Desa bisa mengakses jaringan internet,” jelas Bupati Surunuddin.

Kemudia, konsep Smart City menuju Konsel Desa Digital, akan diintegrasikan ke dalam RPJMD. Harpannya, rencana aksi yang ada dalam elemen Smart City, dapat di implementasikan oleh setiap OPD dan terintegrasi dengan plan kerja RPJMD.

“Nantinya pelaksanaan program dan kegiatan untuk mewujudkannya di Konsel, akan menjadi salah satu indikator penilaian kinerja masing-masing OPD,” tandas mantan Ketua DPRD Konsel ini.

Untuk itu, Bupati menegaskan kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konsel, agar mengikuti dan memperhatikan seksama materi Bimtek. Juga menjadikan domain dan indikator dalam bekerja sekaligus bahan evaluasi.

“Dalam rangka menuju terwujudnya system pemerintahan yang SDAnya cerdas, berkualitas, berintegritas, profesional, efektif dan efisien dalam bingkai Desa Maju Konsel Hebat,” pungkasnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Windi Gambetta menyampaikan terimakasih atas penerimaan Bupati dan jajaran yang menurutnya dalam suasana interaksi penuh keakraban. Dengan harapan sinergitas antar lembaga demikian halnya.

“Saling support dalam segala hal demi terciptanya konsep smart and sustainable city di Kabupaten Konawe Selatan,” sebutnya.

Ia berpesan dalam mewujudkan Smart City keterlibatan langsung masyarakat penting diperhatikan seperti pihak industri, UMKM, akademisi, komunitas (desa wisata misalnya).

“Karena aktivitas pengelolaan Kabupaten Smart City bersifat inovatif (baru atau caranya yang baru), partisipatif (bukan hanya Pemerintah Daerah) dan kolaboratif (dilakukan bersama antara beberapa stakeholders) serta ketersediaan teknologi (terutama teknologi informasi ) sebagai pendukung,” detail Dosen ITB ini.

Diketahui, menuju terwujudnya Konsel Digital (Smart City), Pemda setempat melalui Dinas Kominfo membangun kerjasama dengan Kemenkominfo RI melalui pelaksanaan BIMTEK penyusunan Master Plan Smart City Tahap I-III, yang rencananya hingga Tahap IV.

Reporter: Udin