Bupati Bersama Polres Buton Launching Aplikasi Peduli Isoman

70
Bupati Buton, La Bakry bersama Kapolres Buton AKBP Gunarko saat Launching Aplikasi Buton Peduli Isoman - Doc: Kominfo Buton

BUTON, suryametro.id – Aplikasi Buton Peduli Isolasi Mandiri (Isoman) telah resmi dilaunching Bupati Buton, Drs La Bakry MSi di Ruang Aula Endra Dharmalaksana Polres Buton, Kamis (26/8/2021). Aplikasi berbasis android itu, merupakan pendukung inovasi pelayanan publik, dalam mendukung masyarakat Buton yang sedang menjalani Isoman.

Dalam sambutannya, La Bakry mengatakan, sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada Kapolres Buton, karena telah berinisiatif untuk bekerjasama dengan Founder Kuriorio Indonesia untuk berperan dalam penekanan penyebar luasan covid-19.

Hal ini menunjukkan, semua anak negeri menyadari sepenuhnya, covid-19 ini bencana dunia. Semua merasakan. Mudah-mudahan dengan aplikasi ini mempercepat proses penyembuhan.

“Aplikasi ini akan membantu masyarakat khususnya warga isoman, hari ini saya menghadiri launcing aplikasi Buton Peduli Isoman. Sebelumnya saya melouncing aplikasi si gadis desa,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan adanya sentuhan paket isoman tersebut, kesembuhan warga akan makin cepat, karena perhatian itu bagain dari penyembuhan. Dengan adanya aplikasi ini juga, penyediaan kebutuhan seperti obat obatan lebih cepat tersalurkan.

“Saya berharap dalam waktu singkat aplikasi ini bisa di praktekkan. Para kepala desa harus tahu juga dan logistik yang ada di Dinas Kesehatan, terutama vitamin untuk mensuport paket isoman ini,” katanya.

Ditempat yang sama, Kapolres Buton AKBP Gunarko menyampaikan, aplikasi tersebut merupakan bentuk kepedulian Polres Buton kepada masyarakat yang terpapar covid-19. Dengan menggunakan aplikasi ini warga akan mendapatkan paket dasar perawatan isoman berupa suplemen dan paket dasar obat yang sudah disiapkan dari Dinas Kesehatan.

“Bagi warga yang isoman, caranya tinggal memesan di aplikasi dan diantarkan langsung Bhabinkamtibmas ataupun driver kuririo,” ungkap Kapolres.

Selama ini, warga yang isoman khususnya di Buron, belum sepenuhnya mendapatkan sentuhan sama sekali, sehingga dengan Aplikasi Buton Peduli Isoman diharapkan dapat membantu masyarakat.

“Saya berharap aplikasi ini merupakan aplikasi kita bersama dan bisa kita maksimalkan bersama. Mari berbuat untuk masyarakat kita agar penanganan isoman bisa tertangani dengan cepat,” harapnya.

Sementara itu, Founder Kurorio CEO, Eko Prasetyo mengatakan, Kuririo hadir di Kabupaten Buton dengan platform digital, maka nantinya bisa melakukan pemesanan paket dasar isoman. Dimana, sekitar 65 juta para pelaku UMKM yang ada di Indonesia terdampak pandemi covid-19.

“Para pelaku usaha itu sudah tidak dapat lagi berusaha, karena aktifitas masyarakat sudah dibatasi. Sehingga, dengan adanya aplikasi ini dapat membantu para UMKM untuk memasarkan hasil-hasil prodaknya,” tuturnya

Selain membangun ekonomi, aplikasi Kururio Buton Peduli Isoman juga dapat membangun kekuatan ikhtiar masyarakat, dalam memutus mata rantai Penyebaran Covid-19. Apa lagi, aplikasi Kururio merupakan sebuah aplikasi prodak anak Buton sendiri.

Selain itu, lahirnya aplikasi Buton Peduli Isoman ini berawal dari rapat bersama Kapolda Sultra, yang memberikan inspirasi tentang banyaknya warga yang menjalani isoman, tapi tidak tersentuh dengan baik sehingga mengakibatkan banyak yang meninggal dunia.

“Sehingga dengan maraknya plafon digital hari ini kita bisa membuat paket dasar dari isoman dan kita juga terus mendampingi mereka sehingga mereka para isoman ini dapat terbantu kebutuhannya,” tutupnya.(Adm)