Bupati Buton Resmikan Jembatan Langkobici di Desa Wabula

68
Bupati Buton, Drs La Bakry resmikan jembatan Langkobici di Kecamatan Wabula. Foto: Doc. Diskominfo Buton/suryametro.id

BUTON, suryametro.id – Bupati Buton, Drs La Bakry MSi resmikan Jembatan Langkobici di Kali Topa, Desa Wabula, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Minggu (21/3/2021). Setelah diresmikan, Jembatan Langkobici kini jadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Buton.

Selain pengguntingan pita, peresmian jembatan itu juga didahului dengan prosesi adat atau dalam bahasa Buton disebut “sarati” oleh para pemangku adat. Tujuannya tentu, untuk mencegah adanya gangguan dari mahluk halus yang bisa saja mengganggu para pengunjung. Ritula sarati, merupakan kepercayaan yang turun temurun selalu dilakukan sebelum memulai atau menempati suatu lokasi tertentu.

Dalam sambutannya, La Bakry mengapresiasi ide cemerlang masyarakat Wabula mempercantik kawasan pantai pasir putih yang terbentang cukup luas di Kecamatan Wabula, dan dengan hadirnya jembatan itu, dipastikan akan banyak menarik pengunjung menikmati indahnya suasana laut Wabula.

“Dengan keterbatasan anggaran, kami pemerintah daerah selalu berupaya memberikan bantuan dan sentuhan didaerah yang dianggap cukup berpontesi sebagai lokasi pariwisata. Jembatan Langkobici, kini hadir menambah daftar destinasi wisata kita di Buton,” kata La Bakry.

“Wabula tidak lagi menjadi daerah sudut terpencil, tetapi Wabula akan menjadi daerah tujuan bagi para wisatawan, dalam hal ini para wisatawan tersebut akan menikmati keindahan alamnya karena Kecamatan banyak sekali menyimpan keindahan alam,” tambahnya.

Pada kesempatannya itu pula, mewakili seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Buton La Bakry menyampaikan rasa penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Kecamatan Wabula yang terus mendukung dan berpartisipasi program pariwisata Kabupaten Buton.

Ditempat yang sama, Plt Kadis Pariwisata, Rusdi Nudi, mengatakan Jembatan Langkobici ini merupakan tambahan atraksi yang ada di kawasan wisata Kali Topa yang dapat memberikan kenyamanan terhadap para pengunjung untuk tambahan orang yang akan berwisata.

“Kalau selama ini di Kali Topa hanya kali, jembatan merah putih, dan gazebo saja tapi kali ini wisata Kali Topa tehah menyediakan Jembatan Langkobici yang mempunyai background sangat indah baik disaat air pasang maupun air surut,” katanya

Dikatakannya pula, Jembatan Langkobici dengan panjang 287 meter tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata RI tahun 2020 sebesar Rp845 juta.

Sementara itu, Camat Wabula, Muhammad Basri berharap dengan diresmikannya Jembatan Langkobici tersebut dapat menambah para wisatawan yang akan berkunjung di Kecamatan Wabula.

Muhammad Basri juga menyampaikan apresiasinya terhadap Bupati Buton beserta rombongan karena telah meluangkan waktu untuk meresmikan Jembatan Lakombici tersebut.

“Semoga Wisata Kali Topa ini bisa meningkatkan PAD Kabupaten Buton dan terlebih lagi untuk Desa Wabula dan Desa Wabula Satu” tutupnya.

Selain Bupati Buton, turut hadir juga dalam kegiatan ini, Asisten Satu, Alimani, Kadis Sosial, Asnawi, Plt Kadis Pariwisata, Rusdi Nudi, Plt Kadis Ketahanan Pangan, La Lodi, Camat Wabula, Muhammad Basri, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh Agama dan Tokoh Adat Wabula.

Penulis: Adhil