Bupati Buton Salurkan Bantuan Beras di Kecamatan Pasarwajo dan Wolowa

11
Bupati Buton, La Bakry saat menyalurkan bantuan beras di Kecamatan Pasarwajo - Doc: Kominfo Buton

BUTON, suryametro.id – Dalam kondisi pandemi covid 19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah. Bupati Buton Drs La Bakry MSi kembali turun di lapangan, untuk menyalurkan bantuan ke masyrakat.

Penyaluran bantuan berupa beras itu, dilaksankan selama dua hari berturut-turut, untuk masyarkat yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Pada Jumat (23/7/2021) kemarin, Bupati menyalurkan bantuan beras di Kecamatan Pasarwajo berjumalah 1452 untuk PKH dan BST 4518, yang tersebar di Desa Kancinaa, Desa Kabawakole, Desa Mantowu, Desa Winning, Desa Lapodi Desa Warinta, Desa Waagu-wangu dan Koengkeongkea.

Kemudian, pada Kamis (22/7/2021) Bupati meyalurkan bantuan di Kecamatan Wolowa, berjumlah 288 untuk PKH dan BST berjumlah 627, yang disalurkan di Desa Kaumbu, Galanti, Wolowa, Bungi, Matawia, Wolowa Baru dan Suka Maju.

Dalam penyaluran bantuan tersebut, Bupati Buto didampingi Asisten Administrasi Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Buton dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buton

Penyerahan bantuan sosial itu, dilakukan secara simbolis, yang diwakili oleh beberapa orang, mengingat masih dalam kondisi pandemi vovid 19 dan PPKM

“Saat ini belum ada tanda-tanda covid-19 menurun. Ini tidak untuk membangun kecemasan tapi sebagai langkah untuk membangun kewaspadaan kita terhadap paparan virus berbahaya ini,” ungkap La Bakry.

Bupati Buton, La Bakry saat menyalurkan bantuan beras di Kecamatan Wolowa – Doc: Kominfo Buton

Lanjutnya, patut untuk di syukuri dan berterimakasih kepada pemerintah, meskipun kondisi ekonomi negara sedang terkena dampak pandemi covid-19, tetapi pemerintah tetap menyalurkan bantuan untuk meringankan beban masyarakat sebagai bentuk perhatian.

Oleh sebab itu, ia menghimbau kepada masyarakat agar upaya pencegahan penyebaran virus bisa di mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga

“Mari kita mulai dari keluarga kita masing-masing jangan bebankan seluruhnya kepada pemerintah mengingat keterbatasan tenaga kesahatan dan kapasitas ruang rumah sakit yang tersedia,” tuturnya.

Orang Nomor satu di Buton itu juga mengingatkan, untuk membatasi aktivitas berkerumun di masa PPKM ini. Dimana, hal tersebut merupakan salah satu cara terbaik, untuk membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19.

Selain itu, Bupati Buton juga mengajak masyarakat untuk tidak berhenti menanam. Tahun ini pemerintah akan menyalurkan bantuan 40-50 ribu bibit Pala dan 10 ribu bibit Kelapa Genjah

“Saya berharap di tahun 2045 mendatang kita tidak lagi berpikir soal kehidupan harian saja karena dua komoditas Pala dan kelapa Genjah akan menjadi ketahanan pangan kelurga kita di masa depan,” tuturnya.

Untuk diketahui, pihaknya akan kemabali menyalurkan bantuan di Kecamatan Pasarwajo, mulai dari Desa Holimombo, Holimombo Jaya, Kondowa, Dongkala, Takimpo, Kombeli, Laburunci, Saragi dan Wakoko.(Adm)