Bupati Konsel Siap Benahi Sejumlah Catatan Dari DPRD

107
Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga - Doc: Suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga siap melakukan pembenahan terhadap apa yang menjadi catatan fraksi-fraksi yang ada di DPRD dan meminta semua stakeholder bekerjasama dan bahu membahu mengarah kearah perbaikan.

Hal tersebut, diungkapkannya saat paripurna DPRD Kabupaten Konsel, dalam rangka penyampaian rekomendasi Fraksi-fraksi DPRD, terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun anggaran 2020, di aula rapat Paripurna DPRD Konsel, Jumat (16/7/2021)

Dari ketujuh pandangan Fraksi DPRD, Surunuddin mengakui di tahun 2020 Kabupaten Konsel banyak mengalami hambatan-hambatan, diantaranya saat itu masih menghadapi tahun politik dan masa pandemi.

“Sehingga tidak sesuai dari apa yang direncanakan seperti PAD hanya mencapai 70 persen,” tuturnya.

Terkait temuan dalam pembangunan fisik bagi rekanan, Surunuddin menilai temuan-temuan itu pihak ketiga masih terkait dengan masih adanya biaya atau dana pemeliharaan yang masih tertinggal.

Olehnya itu, Inspektorat akan menyampaikan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar melakukan perbaikan perbaikan sesuai yang disampaikan DPRD.

“Kami mengapreasiasi atas informasi yang telah disampaikan kepada Pemda. Sebenarnya Konsel bukan soal defisitnya tetapi soal standar akutansinya yang tidak dipatuhi. Persoalan adminsitrasi. InsyaAallah perbaikan-perbaikan ini akan kita wujudkan dalam APBD-Perubahan,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat ini pihaknya fokus menangani pandemi covid-19, dimana akan menerapkan PPKM di setiap Desa yang memiliki warga terpapar covid-19 dan mempercepat untuk vaksin. Demikian pula dengan WDP, pihaknya kehilangan uang Rp 25 miliar di WTP, sebelumnya telah mendapat suntikan dana Rp 25 miliar dari pemerintah pusat.

“Ini juga patut disayangkan. Olehnya itu kita perlu bahu membahu untuk memperbaiki apa yang disampaikan ini,” tuturnya.

Kemudian, terkait hasil Monev dewan akan proyek fisik dibeberapa lokasi belum maksimal, pihaknya tidak segan memblack list perusahaan yang tidak maksimal.

“Pemda Konsel akan bekerja keras perbaiki kesalahan ini, agar tahun ini semua selasai dan kembali berjalan normal, tentunya juga ini tidak lepas dari dukungan DPRD Konsel,” tukasnya.

Reporter: Udin