Ciptakan Kamtibmas, Camat Lohia di Muna Bentuk TK Masker

94
Rapat Pembentukan Tim Keamanan Masyarakat Terpadu, yang Dipimpin Camat Lohia LM Hajar. (Foto: Iman Supa/suryametro.id)

RAHA, suryametro.id – Demi Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Camat Lohia, Kabupaten Muna, LM Hajar Sosi membuat terobosan baru, dengan membentuk Tim Keamanan Masyarakat Terpadu (TK Masker) di Kecamatannya

Rapat pembentukan TK Masker tersebut, dilaksankan bersama lintas stakeholder lingkup kecamatan Lohia, dihadiri Asisten I Setda Muna, Danramil Katobu, Kapolsek Katobu maupun Sekretaris Satpol PP, yang dilaksanakan di Balai Desa Waara, Rabu (22/9/2021).

Pada kegiatan itu juga, sekaligus dirangkaikan dengan, pelatihan kepemimpinan administrator angkatan VI Lingkungan Kabupaten, bekerja sama badan pengembangan sumber daya manusia Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2021.

Dalam sambutannya, Camat Lohia menyampaikan, rapat tentang Kamtibmas lingkup kecamatan Lohia ini, merupakan agenda rutin setiap bulan, sebab wilayah kecamatan memiliki jumlah penduduk terbanyak hingga memiliki tempat destinasi wisata yang dikunjungi wisatawan dari luar daerah hingga mancanegara.

“Kamtibmas di wilayah kecamatan harus ditingkatkan, hingga saat ini perlu di bentuk TK Masker, dengan tujuan memberi kenyamanan wisatawan hingga para investor,” jelasnya.

Lanjutnya, selama 5 tahun terakhir,persoalan kamtibmas menjadi sebuah prioritas selain kebutuhan mendasar lainnya. Kondisi yang berjalan baik ini, harus terus dijaga, tidak boleh lengah dan dibutuhkan langkah-langkas strategis, seperti halnya setiap ketemu Kapolres mengusulkan untuk dibangun Polsek Lohia, hal ini didasari Pospol yang ada merupakan Pospol tertua di kecamatan Lohia.

Kemudian, yang mendasari pembentukan TK Masker, melihat Linmas setiap desa yang dianggarkan melalui Alokasi Dana Desa (ADD) belum berjalan dengan baik.

“Linmas hanya dilibatkan setiap pemilu maupun pilkada, hal ini perlu ditingkatkan lagi dengan membentuk TK Masker.

Selain itu, terobosan baru ini juga merupakan dukungan masyarakat dan seluruh stakeholder tingkat kecamatan, sehingga berjalan maksimal, dengan harapkan kerja sama yang baik

Sementra itu, Asiaten I Setda Muna, Ruslan Ibu mengungkapkan, peningkatan keamanan menjadi prioritas utama. Sebab, pembangunan tidak akan berjalan dengan baik selama tingkat keamanan tidak konduktif.

“Strategi peningkatan keamananan harus ditingkatkan apalagi wilayah Kecamatan Lohia merupakan tempat destinasi wisata Kabupaten Muna,” ucapnya.

Dengan adanya hal tersebut, Pemda Muna mendukung program TK Masker, apalagi program ini baru di terapkan di kecamatan.

“Kalau sukses program ini akan menjadi sampel untuk diterapkan seluruh kecamatan di Kabupaten Muna,” tutupnya.

Reporter: Iman Supa