Cuaca Buruk, Nelayan di Baubau Tetap Melaut

166
Nampak Kapal Nelayan yang berlabu karena cuaca buruk. Foto: Muhammad Manggis/suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Cuaca buruk yang kini melanda beberapa daerah termasuk Kota Baubau telah menghambat aktivitas para nelayan tangkap. Tapi tidak dengan Erdi (20) warga di Kelurahan Tarafu, Kecamatan Batupoaro yang tetap melakukan aktivitas melaut walaupun cuaca buruk.

Erdi salah seorang nelayan mengaku telah menjalani profesi nelayan sejak 10 tahun terakhir, ia mengungkapkan situasi cuaca buruk memang sangat mengkhawatirkan. Namun ia besama beberapa nelayan lainnya tetap melakukan aktivitas melaut dengan tetap melihat situasi.

“Disaat seperti ini jelas mengkhawatirkan, apalagi kita sebagai nelayan di cuaca seperti ini tergantung situasi. Kalau kita turun melaut dan sudah mendapat ikan, walaupun angin kencang kita tetap bertahan,” ucapnya.

Erdi mengatakan, walaupun dalam situasi cuaca buruk, tetap mengharuskannya untuk pergi melaut. Karena nelayan sepertinya hanya menggantungkan hidup dengan hasil laut.

Cuaca seperti ini masih dianggap biasa, lanjutnya lagi, karena ombak tidak terlalu besar. Namun yang dikhawatirkan tekanan arus yang kuat ketika melakukan aktivitas pencarian ikan.

“Sudah begitu kalau gelombang selat, sebenarnya gelombangnya kurang tapi tekanan arus yang bikin khawatir,” tutupnya.

Reporter: Muhammad Manggis
Editor: La Ode Muh. Abiddin