Cuaca Ekstrim Landa Baubau, Masyarakat diminta Waspada

91
Kepala Pelaksana BPBD Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali. (Foto: Putra/suryametro.id)

BAUBAU, suryametro.id – Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau imbau masyatakat Kota Baubau tetap waspada. Mengingat Kota Baubau dilanda cuaca ekstrim sejak beberapa hari lalu.

Ditemui media ini, Selasa (16/2/2021), Kalak BPBD Kota Baubau Muslimin Hibali menjelaskan, mengingat cuaca yang ada seperti angin dan curah hujan yang tinggi, pihaknya mengharapkan masyarakat selalu waspada dengan adanya bencana seperti banjir akibat meluapnya air sungai, pohon tumbang , dan longsor.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada calon penumpang yang menggunakan alat transportasi darat, atau udara agar selalu kondisi cuaca sebelum berangkat.

“Tetap waspada dan berhati-hati, terlebih pengguna jasa transportasi laut. Bagi pemilik kapal kami agar jangan memaksakan berlayar jika cuaca tidak mendukung karena informasinya di Perairan Baubau tinggi gelombang mencapai 2 sampai 2,5 meter,” imbaunya.

Muslimin juga menambahkan, pihaknya selalu melakukan upaya pemantauan pada sungai-sungai yang meluap akibat hujan serta bencana alam seperti longsor. Dia juga mengaku, untuk mencegah dan melakukan antisipasi, ia juga sudah menyiagakan anggotanya dihampir seluruh Kelurahan di Kota Baubau.

“Sudah hampir seluruh Kelurahan sudah kami tempatkan anggota yang akan melaporkan jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu,” tutupnya.

Reporter: Putra
Editor: La Ode Muh. Abiddin