Danrem 143 Haluoleo Beri Penyuluhan Wawasan Kebangsaan di Lokasi TMMD

33
Danrem 143 Haluoleo berikan materi penyuluhan wawansan kebangsaan di lokasi TMMD ke-110 di Kabupaten Buton. Foto: Adhil/suryametro.id

BUTON, suryametro.id – Komandan Korem 143 Haluoleo, Brigjen TNI Jannie A Siahaan bersama ketua tim pengawasan dan evaluasi (Wasev) Mabes TNI, Mayjen TNI Marga Taufik berkunjung ke lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Kabupaten Buton. Dalam kesempatan itu, Jenderal bintang satu itu menyempatkan diri membawakan materi penyuluhan tentang wawansan kebangsaan.

Dihadapan sejumlah warga Desa Sangia Arano, Mulya Jaya dan Harapan Jaya yang merupakan lokasi pelaksanaan TMMD dari Kodam XIV Hasanuddin di wilayah kerja Kodim 1413 Buton, Jenderal Jannie mengatakan, wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kesatuan atau integrasi nasional bersifat kultural dan tidak hanya bernuansa struktural mengandung satu kesatuan ideologi, kesatuan politik, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

Dengan memahami makna wawasan kembangsaan sebagai bentuk bela negara, suatu daerah akan lebih terhindar dari oknum-oknum tidak bertanggungjawab, yang kerap menciptakan hal-hal negatif hingga berujung pada saling bermusuhan, saling membenci, hingga mudah bertikai sesama anak bangsa.

Tidak hanya itu, masyarakat khususnya genarasi muda selalu waspada akan bahaya radikalisme yang saat ini dengan mudahnya masuk dalam lingkungan tempat tinggal masyarakat. Namun dirinya meyakini, dengan jiwa bela negara yang tinggi, hal tersebut tidak akan mudah memecah belah persatuan bangsa terkhusus di wilayah tempat tinggal kita masing-masing.

“Untuk itu, sudah menjadi tugas kita semua, tidak hanya dari kami di TNI atau Polisi ataupun juga pemerintah daerah setempat. Karena menjaga keutuhan bangsa dan negara sudah menjadi tugas kita bersama,” kata Brigjen TNI Jannie A Siahaan.

Untuk diketahui, kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan merupakan salah satu dari program non fisik TMMD ke-110 Kodam XIV Hasanuddin dibawah pimpinan Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Penulis: Adhil