Desa di Konsel Wakili Sultra Pada Ajang Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional

101
Perpusatakaan Terapung Pandre Dilao, Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara - Foto: Udin/suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara (Morut) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), akan wakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional yang rencananya digelar Bulan Agustus 2021 mendatang.

Hal tersebut ditetapkan, setelah Perpustakaan Terapung Pandre Dilao Desa Wawatu, berhasil meraih juara pertama lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Sultra tahun 2021.

Ditetapkannya Perpustakaan Terapung pada ajang ini, usai Tim Penilai dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Sultra turun melakukan penilaian pekan lalu, yang diterima Staf Ahli Bupati Ir Agussalim, mewakili Bupati Konsel H Surunuddin Dangga.

Kemudian, penetapan pemenang sesuai Keputusan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, dengan nomor 34 Tahun 2021 tertanggal 7 Juli 2021.

“Dari hasil penilaian, kita menjadi yang terbaik dengan jumlah nilai 995 poin. Ini adalah prestasi membanggakan bagi Pemda dan rakyat Konsel, selanjutnya kita persiapkan hadapi lomba berikutnya, berharap kita juara lagi,” ungkap Agussalim, Staf Ahli Bupati Konsel saat dikonfirmasi, Jumat (9/7/2021)

Lanjutnya, ia berharap bangunan perpustakaan yang berada diatas laut, dengan binaan masyarakat pesisir mendapat perhatian lebih dari pemerintah, melalui pengalokasiaan anggaran demi tercapai hasil yang memuaskan, dengan mendapatkan juara tingkat Nasional.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Konsel, Hj Asni mengatakan, menghadapi lomba tersebut hingga menjadi jawara, ia bersama jajaran telah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk melaksanakan pembinaan sejak Februari 2020 silam.

Diketahui, untuk Juara ke II diberikan kepada Perpustakaan Sumber Ilmu Desa Lambuno Kecamatan Katoi Kabupaten Kolaka Utara dengan nilai 843, disusul posisi III Perpustakaan Kelurahan Bende Kecamatan Kadia Kota Kendari dengan nilai 792,5.

Reporter: Udin