Desa Latompe Manfaatkan APBDes Kembangkan Ekonomi Masyarakat

90
Kepala Desa Latompe, La Ode Sugira.

LAWORO, suryametro.id – Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Latompe, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat tahun anggaran 2022, diprioritaskan untuk Pengembangan ekonomi Masyarakat.

Kepala Desa Latompe La Ode Sugira yang ditemui diruang kerjanya mengatakan, Dana Desa Latompe tahun 2022 lebih satu milyar dan 40% digunakan untuk BLT dan Penanggulangan Covid 19, ketahanan pangan 20% dan sisanya untuk bidang pembangunan dan Pembinaan.

“Jadi untuk tahun 2022 ini, kita fokus untuk program ketahanan pangan berupa pembukaan kebun jagung kuning dengan luas sekitar 100 hektar dan kita akan buatkan jalan usaha tani untuk menuju kelokasi perkebunan tersebut,” kata Sugira ditemui, Senin (18/04/2022).

Sugira menjelaskan, pembukaan lahan pertanian tersebut merupakan usulan dari warga. Preoses pengerjaannya, bakal dilakukan secara pokadulu (gotong royong) dan tahun ini (musim barat) akan mulai ditanami.

Untuk anggaran pembuatan jalan menurut Sugira, dananya bersumber dari APBDes bidang Pembangunan Rp100 jutaan, dengan panjang sekitar 500 meter.

“Kami yakin program yang kami lakukan saat ini, akan menjadi produk unggulan Desa Latompe, dan kedepannya desa Kami akan dikenal sebagai desa penghasil jagung kuning di Kabupaten Muna Barat,” kata Sugira menutup.

Reporter: Rohi Mandakia