Dewi Saputri Gantikan Senawan Jadi Anggota DPRD Konsel

69
Surat usulan KPU Konsel untuk PAW Senawan Silondae. (Dok. for suryametro.id)

ANDOOLO, suryametro.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), telah menyerahkan nama calon Pengganti Antar Waktu (PAW) Senawan Silondae, sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konsel.

Ketua KPU Konsel, Aliudin saat dikonfirmasi media ini, Kamis (21/1/2021) mengatalan, pihaknya telah menyelesaikan proses penelitian administrasi dan verifikasi terhadap usulan PAW Senawan Silondae dan telah diplenokan siapa yang akan menggantikannya.

“Jadi kami sudah plenokan dan menetapkan Ni Gusti Putu Dewi Saputri sebagai PAW Senawan Silondae, tentunya melalui proses verifikasi termasuk koordinasi tingkat provinsi,” jelasnya.

Lanjutnya, pihaknya telah memastikan pengunduran diri nomor urut dua setelah Senawan yakni saudara Sudarmaji, kemudian beliau memang dalam keadaan sakit dan tidak bisa menjalankan tugas sebagai dewan.

“Jadi setelah kita lakukan klarifikasi kepada Sudarmaji memang beliau sudah tidak memenuhi syarat, salah satunya mengundurkan diri atas permintaan sendiri, dan itu melalui proses wawancara persuasif baik pihak keluarga, maupun anak yang bersangkutan,” terangnya.

Inti dalam wawancara itu sambung Aliudin, KPU memastikan apakah yang bersangkutan membuat sendiri surat pengunduran diri, kemudian apakah inisiatif sendiri ataukah ada hal lain, dan apa alasannya. Terakhir apakah tidak akan ada yang keberatan dikemudian hari.

“Maka setelah semua itu terpenuhi dan Sudarmaji menjawabnya, kami kembali melakukan lagi koordinasi satu tingkat ke atas, dalam hal ini KPU Provinsi. Oleh Provinsi menyampaikan agar KPU Kabupaten penuhi semua administrasi seperti pengunduran diri, maupun surat pernyataan,” ungkapnya.

Dengan begitu, KPU Konsel menetapkan Ni Gusti Putu Dewi Saputri nomor urut tiga suara terbanyak, setelah Sudarmaji, menggantikan Senawan Silondae sebagai anggota DPRD Konsel.

Peliput: Udin
Editor: Herman Erlangga