Di Musrenbang, Warga Napabalano Minta Program Non Fisik Diprioritaskan

53
Warga Kecamatan Napabalano minta Pemda Muna prioritaskan pembangunan non fisik untuk tingkatkan kesejahteraan masyarakat. Foto: Iman Supa/suryametro.id

RAHA, suryametro.id – Dihadapan Bupati Muna, Rusman Emba dan sejumlah organisasi pimpinan daerah (OPD) Pemda Muna, masyarakat minta pemerintah juga prioritaskan program pembangunan non fisik. Hal tersebut disampaikan saat menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Aula Batalion Sadar Kecamatan Napabalano, Rabu (17/03/2021).

Milwan, salah satu warga Napabalano mengatakan, saat ini pemerintah lebih fokus pada program kerja fisik hingga anggaran yang digelontorkan cukup banyak di setiap tahunnya. Sementara kegiatan non fisik seperti perberdayaan masyarakat, penyuluhan, pelatihan dan kegiatan non fisik lainnya untuk peningkatan sumber daya manuasia untuk kesejahteraan masyarakat Muna, dirasa masih sangat kurang.

“Usulan di semua kecamatan menyentuh kegiatan fisik, namun kami masyarakat Napabalano mengusulkan harus ada kegiatan non fisik dan harus menjadi perhatian Bupati Muna sebagai pemegang kebijakan.,” ungkapnya.

Menanggapi usulan tersebut, Bupati Muna Rusman Emba menilai usulan tersebut merupakan hal yang baik dan menjadi catatan penting untuk pembagian porsi anggaran pembangunan di Kabupaten Muna.

“Sebenarnya baik di desa maupun kelurahan, sekarang sudah ada anggarannya. Di desa ada dana desa dan di kelurahan ada dana kelurahan. Nah nanti akan dicarikan regulasinya,” kata Rusman Emba.

Reporter: Iman Supa
Editor: Adhil