Diakhir Masa Jabatannya, Arhawi Resmikan Dermaga Pelabuhan Wanci

17
Penandatanganan plakat oleh Bupati Wakatobi Arhawi - Foto: Samidin/Suryametro.id

WANGI-WANGI, Suryametro.id – Menjelang akhir masa jabatannya, Bupati Wakatobi, Arhawi mempersembahkan salah satu pembangunan dimasa jabatannya yakni dermaga pelabuhan Wanci, Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan plakat, Selasa (22/6/2021) kemarin.

“Tinggal 5 hari masa jabatan saya ini sudah akan berakhir. Karena tugas dan kewajiban Alhamdulillah saya juga masih ingin menuntaskan pembangunan yang sementara kita resmikan,” ungkap Arhawi.

Lanjutnya, cita-cita Wakatobi sebagai kabupaten maritim yang sejahtera dan berdaya saing, salah satu pembangunan yang strategis adalah bagaimana membangun dermaga.

“Kenapa itu penting karena Wakatobi ini adalah daerah kepulauan. Kita telah sepakat, bahwa untuk memajukan Wakatobi yakni bagaimana membangun semua aspek yang ada di atas laut, ditengah laut dan dibawah laut,” jelasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Wakatobi, Hariadi melaporkan, pelabuhan Wanci merupakan satu-satunya pelabuhan pengumpan lokal dengan jalur pelayaran Wanci-Lasalimu, Wanci-Kamaru, Wanci-Baubau dan Wanci-Kendari.

Setelah dilakukan rehabilitasi, aset daerah kabupaten Wakatobi tersebut mempunyai sejumlah fasilitas pokok dan penunjang diantaranya Dermaga sandar dengan kontruksi tiang pancang baja, lapangan parkir, ruang tunggu, lampu penerangan solar sel, air bersih, toilet, listrik dan protal elektronik.

“Pelabuhan Wanci dikerjakan secara bertahap selama tiga tahap yang bersumber dari APBD. Pada tahun 2019 sebesar lima milyar sembilan ratus lebih, tahun 2020 sebesar lima milyar liratus lebih dan 2021 sebesar enam milyar lebih yang sementara dalam waktu tender,” kata Hariadi

Kemudian, dengan penambahan proyek yang sedang berjalan, fasilitas lainnya akan dibangun yaitu fasilitas sandar, pembersihan sedimen di area kolam pelabuhan.

“Diharapkan dengan adanya fasilitas tersebut bisa penambah pendapatan asli daerah melalui sektor pelayanan kepelabuhanan,” tutupnya.

Reporter: Samidin