Diduga Serobot Lahan Warga, PT Tonia di Kabaena Timur Digugat ke PN Kendari

150 views
Diduga Serobot Lahan Warga, PT Tonia di Kabaena Timur Digugat ke PN Kendari. Ist

BAUBAU, suryametro.id – PT Tonia, salah satu perusahaan tambang nikel di Kabaena Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra) digugat ke Pengadilan Negeri (PN) Kendari.

PT Tonia digugat, karena diduga lakukan penyerobotan lahan milik warga Talabasi, Kabaena Timur kurang lebih seluas 4,5 hektar.

Lahan tersebut, oleh PT Tonia telah dibangunkan perumahan khusus karyawan tambang nikel tanpa ada konfirmasi dan izin dari warga pemilik lahan.

Warga Talabasi melalui kuasa hukumnya, Edy Julianur Tenda mengatakan, proses gugatan telah masuk pada agenda pembacaan kesimpulan. Selanjutnya, tinggal menunggu jadwal sidang putusan yang akan diagendakan dalam waktu dekat.

Dalam gugatannya, warga meminta PT Tonia bertanggungjawab dengan memberikan ganti rugi atau mengembalikan lahan yang diserobot ke warga pemilik lahan.

“Lahan yang diserobot itu, sejak lama jadi lokasi perkebunan warga. Semua buktinya, sudah kita perlihatkan dalam sidang. Setelah diserobot, kebun warga itu jadi rusak. Luas lahan yang diserobot diduga akan bertambah, karena lokasi yang dipatok juga telah digusur oleh PT Tonia untuk proses penambangan,” terang Edy dikonfirmasi, Kamis (06/04/2023).

“Seharusnya, perusahaan manapun yang berkaitan langsung dengan pengolahan lahan, wajib memastikan apakah lahan itu ada pemiliknya atau tidak. Jika ada, harusnya diselesaikan dulu sebelumnya beraktivitas agar tidak terjadi sengketa lahan seperti ini dikemudian hari,” tambahnya menutup.

Editor: Adhil