Digelari Mia Ogena To Saragau, La Nyalla Mattalitti Resmi Jadi Keluarga Masyarakat Buton

160
Digelari Mia Ogena To Saragau, La Nyalla Mattalitti Resmi Jadi Keluarga Masyarakat Buton. Foto: Novi/suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Lembaga Adat Kesultanan Buton memberikan gelar kehormatan adat dan budaya Kesultanan Buton, Mia Ogena To Saragau kepada Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Penganugerahan itu, dilaksanakan di Baruga Keraton Buton, Kamis (17/06/2021).

Dalam penjelasannya, Kapitalao Matanaeo atau Panglima Kesultanan Buton Bagian Timur, La Ode Muhammad Arsal mengatakan, Mia Ogena To Saragau bermakna ungkapan bagi seorang pejabat atau pemimpin yang memiliki kemampuan profesional, pandangan jauh kedepan (Visioner), kharisimatik dan pengayom serta sanggup mewujudkan tujuan yang telah dicita-citakan.

La Ode Muhammad Arsal berharap dengan kedatangan Ketua DPD RI, dapat mewujudkan apa yang telah dicita-citakan untuk hadirnya daerah otonomi baru yakni Kepulauan Buton.

“Kami atas nama lembaga adat kesultanan buton dan seluruh masyarakat eks Kesultanan Buton, menitip harapan untuk memberikan masukan dan mengawal usulan kami kepada pemerintah pusat agar kiranya dapat mempercepat proses terwujudnya provinsi kepulauan Buton,” ungkapnya dalam sambutannya.

“Dengan gelar yang disandangnya juga, La Nyalla Mahmud Mattalitti resmi menjadi keluarga besar masyarakat Buton,” tambahannya.

Sementara itu, La Nyalla Mahmud Mattalitti menyambut baik dan mengucap syukur atas gelar yang disandangnya saat ini. Dirinya berharap, dengan gelar tersebut hubungan kekeluargaan serta tali silaturahmi dirinya bersama masyarakat Buton bisa lebih erat lagi.

Terkait rencana pemekaran Kepulauan Buton (Kepton), pihaknya telah membahasnya di meja pimpinan pusat. Namun terkait pemekaran itu, masih menunggu hasil moratorium..

“Pemekaran kita sudah sampaikan dan sementara moratorium nanti setelah di buka baru kita pelajari dan teruskan,” ucapnya.

Reporter: Novi
Editor: Adhil