Dimulai Hari ini, 45 Personil Polres Baubau Dikerahkan Dalam Ops Keselamatan Anoa

66 views
Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo bersama Forkopimda, saat mengecek kesiapan anggota Operasi Keselamatan Anoa 2022. Foto: Humas Polres Baubau

BAUBAU, suryametro.id – Polres Baubau resmi menggelar kegiatan Operasi Keselamatan Anoa 2022. Sebanyak 45 personil akan dikerahkan untuk melakukan operasi di wilayah hukum Polres Baubau.

Operasi Keselamatan Anoa akan dimulai hari ini, Selasa (1/3/2022) hingga 14 hari kedepan. Dalam operasi ini juga lebih bersifat edukatif.

Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo mengatakan, operasi ini dilaksanakan dengan persentase kegiatan preemtif 50 % dan preventif 50%, untuk penindakan hanya dilakukan secara selektif prioritas terhadap pengemudi yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas dengan mengedepankan pendekatan yang humanis, namun tidak dilaksanakan target dalam jumlah penilangan.

“Operasi keselamatan kali ini merupakan misi kemanusian, dengan persentase kegiatan preemtif 50 % dan preventif 50%. Kita tetap mengutamankan keamanan dan keselamatan pengguna jalan, namun poin pentingnya adalah mencegah penularan COVID-19 di jalan,” terangnya.

Walapun persentase kegiatan preemtif 50 % dan preventif 50%, namun Erwin menjelaskan, tetap akan menindak pelanggaran yang bersifat membahayakan keselamatan.

“Tentunya dalam penidakan kepolisian, kita tetap mengedepankan aspek humanis, persuasif dan edukatif,” jelasnya.

Erwin menambahkan, dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Anoa 2022 akan dilakukan dengan stasioner atau menetap dan pola hunting sistem atau patroli keliling.

Melalui penyelenggaraan Operasi Keselamatan ini, maka diharapkan meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini. Terciptanya situasi kamseltibcar lantas secara optimal, serta menurunnya angka kecelakaan lalu lintas

Terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas. Menurunnya angka pelanggaran yang akan diimbangi dengan jumlah kecelakaan lalu lintas.

Menurunnya pertumbuhan penularan covid-19 terhadap masyarakat pengguna jalan, dan sebagai cipta kondisi dalam rangka menjamin terwujudnya kamseltibcarlantas, menjelang hari raya Idul Fitri 1943 H.

Penulis: La Ode Muh. Abiddin