Dinas Lingkungan Hidup Wakatobi Tidak Peduli Sampah Meluber Hingga ke Jalan

306
Kondisi Sampah yang berserakan di Jalan Poros Liya, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan. (Foto: Samidin/suryametro.id)

WANGI-WANGI, suryametro.id – Akibat tidak pernah diangkut, sampah-sampah yang berserakan disejumlah titik di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) meluber hingga ke jalan.

Tidak enak dipandang mata, tetapi inilah kondisi yang terjadi saat melintas di jalan menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kelurahan Mandati III, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan.

Tumpukan Sampah yang dibiarkan berbulan-bulan dan telah memicu bau busuk ini tampak tidak mendapatkan perhatian dari Dinas Lingkungan Hidup Wakatobi.

Saat dihubungi awak media, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Wakatobi Jaemuna, seolah mengabaikan tentang adanya tumpukan sampah tersebut. Padahal, jalan tempat menumpuknya sampah tersebut juga merupakan jalan yang biasa dilalui olehnya ketika menuju ke kantor Dinasnya.

“Sebentar saja ya,”singkatnya saat ditemui pada kegiatan vaksinasi Covid-19 di kantor bupati, Kamis (4/02/2021).

Tidak hanya tumpukan sampah di jalan menuju RSUD, dari pantauan media ini, tumpukan sampah yang tampak tidak pernah diangkut selama berhari-hari juga ada di jalan poros Liya. Ketika dihubungi untuk yang kedua kalinya, jawaban yang sama diterima Wartawan.

“Nanti sebentar,”cetusnya melalui via telepon.

Dihari yang sama pada saat kegiatan vaksinasi kemarin, Bupati Wakatobi Arhawi juga sempat menyindir persoalan kinerja para kepala dinas. Ia mengatakan, semua instansi harus tetap bekerja maksimal meskipun masyarakat Wakatobi baru saja melakukan pemilihan kepala daerah.

“Saya menyarankan agar semua instansi tetap harus bekerja seperti biasanya. Jangan hanya karena masalah SK dan Pilkada petugas kebersihan kita tidak bisa bekerja lagi seperti biasanya. Jangan sampai Wakatobi terlihat kotor,” sarannya.

Reporter: Samidin
Editor: Herman Erlangga